Hot Borneo

Kejar Target, Kapuas Terus Genjot Vaksinasi PMK

Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi terus dilakukan oleh tim terpadu PMK Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Featured-Image
Tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Kapuas, Kalteng, saat melakukan penyuntikan vaksinasi PMK pada ternak sapi milik warga. Foto: Dinas Pertanian Kapuas

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi terus dilakukan oleh tim terpadu PMK Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Pemerintah Kabupaten Kapuas menargetkan vaksinasi PMK dilakukan terhadap 1.992 ekor ternak sapi di daerah setempat.

"Saat ini tim terpadu masih terus melakukan vaksinasi terhadap ternak sapi," kata Pelaksana Tim Terpadu PMK Kapuas, Panahatan Sinaga, Senin (3/10)

Menurut Panahatan masih ada sekitar 400 ekor sapi lagi yang harus dilakukan vaksinasi guna mencapai target vaksinasi PMK.

"Paling tidak dalam minggu pertama Oktober 2022 sudah bisa tercapai terget yang sudah ditentukan," ujarnya.

Saat ini Dinas Pertanian Kapuas melalui tim kesehatan hewan terus melakukan vaksinasi di wilayah Kecamatan Mantangai tepatnya di perternakan sapi PT Graha Inti Jaya (GIJ).

"Di sana yang sudah divaksinasi ada sekitar 90 ekor lebih, yang belum masih sekitar 250 ekor karena kendala cuaca hujan yang tidak menentu," terang Panahatan.

Sementara itu tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Kapuas drh Anik Ariswandani, mengatakan pihaknya sudah melaksanakan vaksinasi PMK tahap 1 dosis 1 dan 2 di Kecamatan Tamban Catur, Mantangai dan Basarang dengan sasaran 598 ekor sapi.

"Selanjutnya kami akan menyasar 11 kecamatan di daerah pasang surut untuk melakukan vaksinasi tahap 2 dosis 1 dan 2 dengan target 1084 ekor," ujar Anik Ariswandani.

Anik pun berharap pencapaian target vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi segera tercapai dan berlanjut untuk vaksinasi hewan ternak kambing.

"Saya berharap tim kesehatan hewan Dinas Pertanian bisa bekerja maksimal sehingga target bisa tercapai dan melanjutkan untuk vaksinasi hewan ternak kambing," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner