Hot Borneo

Kejar Peningkatan Kualitas, Kemenkominfo Bekali Pengelola Homestay KSPN Loksado

Pengelola homestay yang berada di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado Hulu Sungai Selatan (HSS) diberikan pembekalan digitalisasi.

bakabar.com, KANDANGAN - Pengelola homestay di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado, Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan bimbingan teknis khusus digitalisasi, Selasa (20/6).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang langsung turun tangan memberikan bimbingan teknis di All Outbond Camp Loksado.

Digelar hingga 23 Juni 2023 mendatang, kegiatan diikuti 25 peserta yang terdiri dari pengelola maupun pendamping homestay.

"Melalui upaya peningkatan sumber daya manusia melalui pariwisata berkelanjutan di era digitalisasi ini, diharapkan pariwisata HSS lebih berkembang lagi," papar Wijayanto, Ketua Tim Digital Kemenkominfo.

"Kami tidak hanya memberikan pembekalan lewat sosialisasi, tetapi juga melalui praktik dan pendampingan berkelanjutan," imbuhnya.

Sementara salah seorang peserta, Fahrani, terlihat antusias mengikuti bimbingan teknis dan telah memiliki rencana pengembangan homestay yang dikelola.

"Banyak pengetahuan baru yang diperoleh. Wawasan kami juga terbuka dengan penerapan digitalisasi," papar Fahrani yang juga pemilik Homestay Kantauan Lestari.

Sementara pemilik Homestay Hulu Banyu, Yusran, meyakini bahwa pembekalan itu akan bermanfaat untuk menambah kunjungan wisatawan.

"Banyak materi yang disampaikan. Di antaranya cara mengelola administrasi keuangan, pemasaran homestay, hingga mengenalkan pariwisata daerah lewat digitalisasi," jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner