kesehatan

Kecil-Kecil Berkhasiat, Ini Manfaat Besar Biji Ketumbar

Bukan hanya menjadi bumbu andalan dalam kuliner nusantara, ternyata nutrisi yang terkandaung dalam ketumbar kaya akan manfaat.

Featured-Image
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan (Foto: dok. GridID)

bakabar.com, JAKARTA - Ketumbar merupakan tumbuhan rempah yang kerap digunakan sebagai bahan bumbu dapur. Bebijian dengan nama ilmiah coriandrum sativum ini memang memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

Bukan hanya menjadi bumbu andalan dalam kuliner nusantara, ternyata nutrisi yang terkandaung dalam ketumbar kaya akan serat, antioksidan, vitamin B, vitamin c, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan kalsium.

Dari beragam nutrisi tersebut membuktikan bahwa Ketumbar memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh manusia.

Salah satu manfaat ketumbar yang luar biasa adalah mampu menyehatkan organ paling penting yaitu jantung. Kendati kecil, segudang manfaat dapat ditemukan dalam tumbuhan rempah ini.

Baca Juga: Berdalih Sayang, Begini Ciri-Ciri Pasangan Posesif yang Manipulatif

Berikut adalah berbagai macam manfaat ketumbar untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah

Penelitian Department of Biological and Biomedical Sciences menjelaskan daun ketumbar jika diambil ekstraknya mengandung sifat diuretik yang membantu tubuh mengeluarkan sodium dan air berlebih.

Hal tersebutlah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah terlalu tinggi membuat arteri rusak sehingga akan menyumbat serta menghalangi darah menuju otot jantung.

Kondisi itu dapat memicu terjadinya penyakit stroke dan jantung. Dengan mengonsumsi ketumbar, Anda dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit mematikan tersebut.

Baca Juga: 10 Ungkapan Penyemangat untuk Merayakan Hari Sumpah Pemuda

2. Menutrisi mata

Ketumbar mengandung vitamin C yang dapat membentuk jaringan ikat seperti kolagen di kornea mata.

Tidak hanya itu, manfaat ketumbar juga mampu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Nutrisi dalam daun ketumbar inilah yang mengandung beta karoten.

Beta Karoten tersebut ialah pigmen alami yang nantinya akan berguna untuk tubuh menghasilkan vitamin A.

3. Memperlancar menstruasi

Ketumbar ternyata dapat memperlancar menstruasi yang tidak teratur dan membantu meringankan kram pada perut.

Hal tersebut terjadi karena ketumbar membantu fungsi kelenjar endokrin serta hormon dalam menstruasi yang pada akhirnya meransang alirannya.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Cangkang Telur Punya Manfaat yang Tak Terduga

4. Menurunkan Kolestrol

Ketumbar yang memiliki sifat antioksidan berperan penting dalam menurunkan kolestrol jahat. Sifat diuretik yang juga terdapat dalam tanaman rempah ini berperan untuk membantu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Minyak ketumbar dipercaya dapat mempercepat dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Penelitian menyebutkan bahwa ketumbar dapat mengurangi perut kembung, sakit perut dan percernaan yang tidak lancar.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa diperoleh jika rutin menginsumsi biji ketumbar sebagai obat herbal. Selamat mencoba.

Editor
Komentar
Banner
Banner