Tak Berkategori

Kawal PPKM Skala Mikro, Polda Kaltim Siapkan 500 Personel

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 500 an lebih personel polisi siap mengawal kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat…

Featured-Image
Apel kesiapan personel bhabinkamtibmas untuk diperbantukan dalam penerapan PPKM skala Mikro di Kaltim khususnya di Balikpapan. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 500 an lebih personel polisi siap mengawal kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro.

Ratusan personel tersebut terdiri dari Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan dari Biddokes yang akan ditempatkan di masing-masing RT atau RW.

Ratusan personel tersebut menjalani apel kesiapan di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kamis (11/2/2021).

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan pihaknya telah menyiapkan personel tersebut dengan pembekalan tugas tambahan mendukung penanganan Covid-19 di tingkat RT.

Nantinya mereka akan bergabung juga di Satgas Covid-19 tingkat RT bersama Babinsa dan unsur lainnya.

“Hari ini kita melakukan apel kesiapan bagi vaksinator dari Polri dan Bhabinkamtibmas yang diperbantukan sebagai tracer. Ini dimaksud untuk mendukung tenaga vaksinator dari pemerintah yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan, kemudian yang tracer disiapkan untuk program PPKM Mikro, itu menuju RT dan RW yang menjadi basis penguatan,” kata Herry kepada bakabar.com usai kegiatan.

Herry mengatakan para bhabinkamtibmas ini harus bisa membantu penanganan mulai dari tracing hingga sosialisasi dan penindakan.

“Kalau nanti di sana ditemukan ada yang positif maka satgas atau posko yang ada di RT RW itulah yang akan bertugas. Salah satu kekuatan di situ ada Bhabinkantibmas, ada Babinsa juga lalu bersama-sama melakukan tracing ke masyarakat. Tracer ini perlu supaya kita melokalisir penyebaran,” papar Herry.

Ada pun 500 personel ini menjalani training terlebih dahulu untuk memahami bagaimana situasi Covid-19 dan proses penanganan pasien sesuai prosedur yang baik dan benar.

“Kekuatan kita itu ada 500 lebih yang akan dikerahkan termasuk tenaga kesehatan dari Polri. Tentu mereka di training dulu, tapi sebetulnya mereka adalah tenaga kesehatan yang biasa melakukan penyuntikan. Tinggal mereka di training dulu tentang bagaimana vaksinasi Covid-19 ini dengan protokolnya,” ungkapnya.

Disaat yang bersamaan di Polres wilayah lainnya di Kaltim juga melaksanakan apel yang sama untuk kesiapan di daerahnya masing-masing.

Sejauh ini untuk kota Balikpapan disebut-sebut sudah siap melakukan penerapan PPKM skala Mikro.

“Yang di sini ini, itu cuma punya Balikpapan aja, yang lainnya juga bersamaan melakukan apel di Polresnya masing-masing,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner