Tak Berkategori

Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel

apahabar.com, BANJARBARU – Andi Syamsuddin Arsyad bakal meluncurkan megaproyek instalasi pemurnian hasil tambang atau smelter. Tak…

Featured-Image
Jokowi melakukan tinjauan semobil dengan Haji Isam, Mensesneg Pratikno, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian Pabrik Biodiesel Jhonlin di Tanah Bumbu. Foto: Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

bakabar.com, BANJARBARU – Andi Syamsuddin Arsyad bakal meluncurkan megaproyek instalasi pemurnian hasil tambang atau smelter. Tak tanggung-tanggung, empat smelter nikel ditarget rampung sebelum 2024.

Rencana pemilik konglomerasi bisnis batu bara dan sawit di Kalimantan, Jhonlin Group yang akrab disapa Haji Isam itu terlontar dari Komisaris PT Jhonlin Agro Raya, Andi Amran Sulaiman

"Pak Andi [Haji Isam] tadi bisikin saya 2023 smelter akan selesai dibangun empat unit," ujar mantan menteri pertanian RI ini di sela peresmian pabrik biodiesel Jhonlin oleh Jokowi, Kamis (21/10).

Lantas, sudah sejauh mana persiapannya?

Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini

Dihubungi bakabar.com, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalsel, Nafarin mengaku Johnlin belum mengurus sejumlah persyaratan.

"Itu kan baru rencana di tahun 2022 mendatang," ucapnya, saat dihubungi bakabar.com, Senin (25/10).

Lagi pula, kata dia, rencana pembangunan empat smelter ini merupakan wewenang langsung oleh pemerintah pusat. Sebab, instalasi pemurnian bahan tambang merupakan proyek yang sifatnya strategis.

"Selama persyaratannya sudah lengkap, prosesnya tidak lama pasti selesai," ujarnya.

Nafarin masih belum bisa memperkirakan nilai investasi dari rencana Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Pun juga dengan spesifikasi empat smelter.

"Karena baru rencana. Kalau sudah ada realisasi di lapangan seperti konstruksi dan sebagainya, baru bisa kelihatan," kata Nafarin.

Terlepas dari itu, kepala DPTMPP Kalsel meyakini rencana proyek strategis ini bakal berdampak baik terhadap nilai investasi.

Selain itu, pembangunan empat smelter ini diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Banyak tenaga kerja tentu akan terserap. Dengan hal ini, otomatis belanja masyarakat akan semakin besar lagi," tuturnya.

Di Kalsel sudah ada beberapa pabrik smelter. Sebut saja seperti di Kotabaru milik PT Silo dan Tanah Laut punya PT Delta Prima Steel.

"Tapi jalannya tidak maksimal. Kadang lancar, kadang tidak. Kondisi bahan bakunya belum kontinyu," tuntas Nafarin.

Nilai Tambah 70 Kali Lipat

Selesai Pabrik Biodiesel, Haji Isam Target Empat Smelter

Selaku Komisaris Utama Jhonlin Agro Raya, Andi Amran Sulaiman menyampaikan pidatonya saat peresmian pabrik biodiesel milik Haji Isam.

Mulanya, mantan menteri pertanian ini memaparkan profil mengenai pabrik biodiesel yang dibangun Jhonlin.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya:

HALAMAN
12
Komentar
Banner
Banner