Kalteng

Kasus Positif Covid-19 Kalteng Melonjak, 131 Orang Terpapar, Terbanyak di Murung Raya

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Kalimantan Tengah (Kalteng) menambah kasus baru Covid-19 hari ini, tercatat 131 orang…

Featured-Image
Ilustrasi penanganan terhadap pasien Covid-19. Foto-net

bakabar.com, PALANGKA RAYA — Kalimantan Tengah (Kalteng) menambah kasus baru Covid-19 hari ini, tercatat 131 orang terkonfirmasi terpapar virus corona.

Berdasarkan rilis Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Minggu (22/11), dengan tambahan 131 orang tersebut, kini total total kasus positif menjadi 5.314.

Dari total penambahan kasus baru Covid-19 tersebut, terbanyak dari Kabupaten Murung Raya 40 orang.

Kemudian berasal Kota Palangka Raya 22 orang, Kotawaringin Barat 21 orang, Kotawaringin Timur 18 orang, Katingan 11 orang, Barito Utara 9 orang, Seruyan 6 orang, Kapuas 3 orang dan Gunung Mas 1 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah dr Suyuti Syamsul mengatakan, kasus baru Covid-19 di Kalteng sempat melandai beberapa lama.

Sebaliknya, angka kesembuhan dari Covid-19 di Kalteng sempat tembus di atas 90 persen. Angka kesembuhan selalu lebih banyak dari yang positif.

“Beberapa daerah yang sebelumnya sudah tenang kembali merah membara,” kata Suyuti, Minggu (22/11).

img

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah dr Suyuti Syamsul. Foto-Istimewa

Menurut Suyuti, lonjakan kasus memang sudah diprediksi sebelumnya.

Terbukti beberapa hari setelah liburan, angka konfirmasi positif sangat tinggi.

Bahkan nilai reproduction time (Rt) atau penyebaran kasus, berada di atas dua, yang belum pernah terjadi sebelumnya di Kalteng.

Untuk itu Suyuti, meminta kembali jajaran kesehatan dan instansi terkait di seluruh kabupaten/kota, lebih menggencarkan penerapan protokol kesehatan.

Sebab, tegas Suyuti, tak ada cara lain, selain menerapkan 4 M secara ketat.

Namun ia menilai satgas daerah sudah sangat aktif dan koordinasi berjalan dengan baik, sehingga ia optimistime kasus lonjakan bisa kembali dikendalikan.

“Kuncinya pada kepatuhan menjalankan protokol kesehatan, makin ketat penerapannya, makin cepat kasusnya kembali menurun,” imbuhnya.

img

Data Sebaran Covid-19 di Kalteng. Foto-Istimewa

Komentar
Banner
Banner