Pemkab Tanah Bumbu

Kasus DBD di Tanbu Tinggi, Dua Meninggal Dunia

apahabar.com, BATULICIN – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tanah Bumbu masih tinggi. Berdasarkan data…

Featured-Image
Ilustrasi korban dbd. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tanah Bumbu masih tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, sampai saat ini penderita DBD di Bumi Bersujud mencapai 283 orang, tetapi 253 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

img

Sekretaris Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, dr. Arman Jaya Riki. Foto-bakabar.com/Syahriadi

“Data sampai hari ini berjumlah 283 orang. Bulan Januari 166 orang dan Februari hingga tanggal 17 ini ada 117 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, melalui Sekretaris, dr. Arman JR kepadabakabar.com, Rabu (19/02).

dr. Arman juga mengatakan dalam kasus tersebut, 30 orang masih dirawat sementara 2 orang meninggal dunia.

Melihat tingginya kasus DBD yang terjadi di awal tahun ini, dr. Arman menyebut faktor utama penyebabnya di antaranya adalah frekuensi hujan.

“Karena seringnya hujan, sehingga banyak membuat genangan air, dan itu adalah sumber perkembangbiakan dan bersarangnya nyamuk DBD,” ujarnya.

Untuk mengatasi ini, langkah preventif sudah dilakukan pihak Dinas Kesehatan di antaranya melakukan penyuluhan, pemberantasan sarang nyamuk, pemberian bubuk abate kepada masyarakat dan fogging.

Untuk fogging pihak Dinas Kesehatan sudah melakukan pada titik-titik yang memang diperlukan.

“Sampai saat ini kami sudah melakukan 34 kali fogging di wilayah puskesmas, diantaranya Puskesmas Simpang Empat 19 kali, Satui 4 kali, Karang Bintang 2 kali, Lasung 2 kali, Batulicin 2 kali, Pagatan 3 kali, Sebamban 1 kali dan Darul Azhar 1 kali,” terangnya.

dr. Arman mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap gigitan nyamuk DBD dan selalu memberlakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Adakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, sehingga sarang nyamuk dapat diberantas dan tidak dapat berkembang biak,” tukasnya.

Baca Juga:Komitmen Camat Syamsuddin Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

Baca Juga: 'Teror' Ular Piton di Tanbu Belum Berhenti, Warga Mulai Cemas

Baca Juga: Abdi Rahman Sambut Tim Penilai Independen

Baca Juga:Sudian Noor Kukuhkan Pengurus PWRI Tanbu 2020-2025

Reporter: SyahriadiEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner