Peristiwa & Hukum

Karhutla di Sungai Rutas Tapin, Puluhan Hektare Lahan Hangus

Kebakaran hutan dan lahan di Desa Sungai Rutas Hulu, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin hanguskan puluhan hektare, Jumat (29/9).

Featured-Image
Karhutla di Desa Sungai Rutas Hulu, Kecamatan CLS, Kabupaten Tapin. Foto: BPBD Tapin

bakabar.com, RANTAU - Kebakaran hutan dan lahan di Desa Sungai Rutas Hulu, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin menghanguskan puluhan hektare, Jumat (29/9).

Diketahui Karhutla di wilayah tersebut atau tepatnya di titik koordinat : -2.886881, +115.049321 terjadi sejak Kamis (28/9) siang kemarin hingga malam hari.

"Sejak pukul 12.00 sampai 21.45 Wita. Luas lahan yang terbakar kurang lebih 30 Hektare. Kebun cabai kurang lebih 1,5 hektare, sedangkan sisanya semak belukar dan pepohonan galam," jelas Ahmad Dahlan, Operator Posdalups-PB BPBD Tapin.

Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan Kar, Tagana, Orari, RAPI, PMI, TRT, BAPARA dan dibantu masyarakat sekitar di lokasi hingga berjam-jam berjibaku melakukan pemadaman dengan unit tanki dan mesin portable.

Atas kerja sama tersebut tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan kobaran api yang sempat menghanguskan puluhan hektare lahan hingga dinyatakan aman.

Terkait penyebab karhutla tersebut, Dahlan menyampaikan bahwa pihaknya masih belum mengetahui, namun bersyukur dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban luka ataupun jiwa.

"Api sudah bisa dipadamkan, kondisi saat ini sudah aman. Ini kebakaran besar, terkait penyebab akan ditangani oleh pihak berwenang," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner