Berita Banjar

Karhutla di Banjar Kembali Lalap Belasan Hektare Lahan

Sedikitnya 14 hektare lahan di Banjar, kembali dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu (13/8).

Featured-Image
Petugas memadamkan karhutla di Desa Cindai Alus, Martapura, Minggu (13/8). Foto: DPKP Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Sedikitnya 14 hektare lahan di Banjar, kembali dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu (13/8).

Kejadian pertama tercatat di Desa Cintapuri, Kecamatan Cintapuri Darussalam. Kemudian di Cindai Alus, Kecamatan Martapura, serta Desa Sungai Batang di Kecamatan Martapura Barat.

Menanggulangi kebakaran di Cintapuri, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar, TNI, Polri, DPKP,  dan relawan berjibaku memadamkan api sejak pukul 12.30 hingga 14.30 Wita.

"Penanganan yang dilakukan petugas dengan cara manual menggunakan kepyok, karena tidak tersedia sumber air di sekitar lokasi," papar Warsita, Kepala Pelaksana BPBD Banjar.

"Luasan lahan yang sempat terbakar di Cintapuri sekitar 10 hektare. Sebagian besar tumbuhan bindrang dan semak belukar," imbuhnya.

Kemudian di Desa Cindai Alus, tim gabungan juga melakukan penanganan kebakaran yang melalap semak belukar seluas 1 hektare. Penanganan dilakukan sejak pukul 16.30 hingga 17.00 Wita. 

Sedangkan di Desa Sungai Batang, tepatnya di belakang Alam Roh 8, tim gabungan berhasil memadamkan api selama 1 jam lebih. Adapun luasan lahan yang terbakar sekitar 3 hektare.

"Kami berterimakasih kepada tim gabungan yang telah membantu pemadaman. Kegiatan ini sangat penting untuk meminimalisir lahan yang terbakar dan mengurangi dampak kabut asap," pungkas Warsita.

Editor


Komentar
Banner
Banner