Kalteng

Kapuas Waspada Rabies, Ratusan Hewan Piaraan Warga Divaksin

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) waspada terhadap ancaman penularan penyakit…

Featured-Image
Pemberian vaksinasi rabies terhadap hewan piaraan warga di Kelurahan Selat Utara, Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) waspada terhadap ancaman penularan penyakit rabies.

Demi mencegah mengantisipasi penularan penyakit tersebut, Dinas Pertanian Kapuas, melakukan penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan piaraan warga.

Kegiatan penyuntikan vaksinasi rabies pada, Kamis (8/10), menyasar ke wilayah Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Penyuntikan vaksin terhadap hewan piaraan warga oleh beberapa orang petugas dari Bidang Perternakan Dinas Pertanian Kapuas didampingi langsung Lurah Selat Utara Rahmat M Noor serta masing-masing ketua RT.

Satu persatu hewan piaraan milik warga seperti anjing dan kucing diperiksa petugas dan suntik vaksin untuk mencegah penularan penyakit rabies.

“Hari ini ada sekitar lima puluh ekor hewan piaraan masyarakat yang sudah kami vaksin baik anjing dan kucing,” kata petugas kesehatan hewan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kapuas, drh Anik Ariswandani.

Anik mengungkapkan sejauh ini kegiatan vaksinasi rabies telah dilaksanakan di tiga kecamatan di Kapuas seperti Kecamatan Basarang, Kecamatan Kapuas Hilir dan Kecamatan Selat.

“Untuk tiga kecamatan ini sementara sudah ada sebanyak 900 ekor yang sudah kita vaksin dan target tahun ini sebanyak dua ribu lima ratus ekor yang akan kita vaksin,” jelas drh Anik.

Sementara itu Lurah Selat Utara, Rahmat M Noor, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kapuas yang telah peduli dengan lingkungan Kelurahan Selat Utara dengan melaksanakan vaksinasi rabies.

“Kepada warga Kelurahan Selat Utara saya juga mengimbau agar selalu rutin melaporkan hewan piaraannya sehingga dapat diberikan vaksin rabies,” pungkas Rahmat.

Komentar
Banner
Banner