Piala Dunia U-17

Kapolri: Kami Siap Sukseskan Piala Dunia U-17

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo mengaku pihaknya siap mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 yang akan dilaksanakan di Indonesia.

Featured-Image
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA -Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengaku pihaknya siap mengamankan pesta kompetisi sepak bola Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Indonesia.

Adapun hal tersebut diungkapkan oleh Kapolri Sigit usai menerima kunjungan dari panitia penyelenggaran Piala Dunia U-17 bersama dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Mabes Polri, Selasa (19/9).

"Kami Polri menyambut baik dan siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan Piala Dunia U-17," kata Kapolri Sigit kepada awak media.

Menurutnya, ajang kompetisi usia muda dunia ini akan membuktikan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan kompetisi bergengsi internasional tersebut.

Baca Juga: Menpora Beberkan Alasan JIS Batal Jadi Pembukaan Piala Dunia U-17

"Tadi diinformasikan akan diikuti 24 negara, kami pun bertanya betul-betul apa saja yang harus kami amankan terkait dengan penyelenggaraan kegiatan yang menggunakan standar FIFA," tuturnya. 

"Keamanan itu mulai dari pengamanan terhadap kontingen FIFA itu sendiri dan tim dalam perjalanan, pada saat latihan dan stadium yang akan digunakan," tambahnya.

Lebih lanjut, ia juga mengaku pihaknya telah melakukan penyesuaian jika seandainya terjadi situasi darurat untuk mengamankan para pemain, official maupun penontonnya.

"Ini semua akan kita lakukan pengecekan di lapangan termasuk melatihkan agar betul-betul siap. Prinsipnya, Polri mendukung penuh pelaksanaan U-17 agar betul-betul bisa berjalan aman, lancar, sukses dan mengharumkan nama bangsa Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Ketum PSSI Pastikan Opening Ceremony Piala Dunia U-17 Meriah!

Disisi lain, Kapolri juga mengatakan bahwa pihaknya akan siap mengikuti standar FIFA dalam melakukan pengamanan.

Sebab, menurutnya FIFA memiliki standar yang sangat ketat dalam pengamanan penyelenggaran kompetisi sepak bola tersebut.

"Kita memang sudah tahu bahwa FIFA memiliki standar yang sangat ketat sehingga beberapa waktu lalu kita mengundang pelatih untuk melatih model pengamanan," imbuhnya.

Terlebih, Kapolri menjelaskan standar FIFA juga tidak dapat diintervensi sehingga pihaknya akan mengikuti aturan keamanan dari induk sepak bola dunia tersebut.

"Standar FIFA ini tidak bisa diintervensi dan diganggu gugat. jadi kami dari Polri siap menyesuaikan dan memberikan masukan-masukan terhadap sesuatu yang diputuskan," Pungkas Kapolri.

Adapun Indonesia yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaran Piala Dunia U-17 terus melakukan persiapannya jelang kompetisi yang akan dimulai pada 10 November 2023 mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner