Nasional

Kapal Barang Bima-Banjarmasin Karam, ABK Diselamatkan ke Balikpapan

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A atau Basarnas Kaltim-Kaltara menemukan belasan anak buah…

Featured-Image
Belasan ABK KM Aviat Samudera, kapal pengangkut bawang dan garam asal Bima, Nusa Tenggara Timur yang karam di perairan di perairan timur laut Sakala bagian utara Lombok, Jumat pekan lalu di Balikpapan. Foto-Basarnas for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A atau Basarnas Kaltim-Kaltara menemukan belasan anak buah kapal motor (KM) Aviat Samudera, Senin (8/5) siang, sekitar pukul 11.

Kapal pengangkut bawang dan garam asal Bima, Nusa Tenggara Timur yang mereka tumpangi karam di perairan di perairan timur laut Sakala bagian utara Lombok, Jumat pekan lalu.

“Mereka mau berlayar ke Banjarmasin,” jelas Kepala Seksi Operasi dan Siaga pencarian dan Pertolongan Basarnas Balikpapan Octavianto.

Beruntungnya ada KM Restu Alam 1A yang menolong mereka untuk diselamatkan menuju Pantai Manggar.

Lokasi kejadian perkara berjarak tiga hari tiga malam dari Manggar, Balikpapan Timur, Kaltim atau 50 mil arah utara Pulau Sakalang.

Koordinator Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Manggar Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Balikpapan Hery Seputro mengatakan KM Restu Alam A1 kembali bersandar ke Manggar pada Senin tadi.

Kapal yang memiliki kapasitas 400 ton itu bermuatan garam seberat 220 ton dan bawang merah 85 ton.

Di tengah perjalanan, kapal mengalami patah as kemudi yang menyebabkan air masuk melalui palka. Sehingga kapal tidak bisa berfungsi.

“ABK berusaha menguras air yang telah masuk di kapal, namun kapal tetap tenggelam,” tambah Octavianto seraya memastikan seluruh awak kapal dalam kondisi selamat. Sejauh ini para ABK telah dievakuasi ke perkampungan nelayan Manggar. (*)

Identitas korban selamat:
1. Akdin adin sbg nahkoda
2. Ramlin sbg kkm
3. Jamaludin sbg mualim
4. Aflan darahi sbg masinis
5. Firdaus sbg juru mudi
6. Dadi darmawan sbg juru mudi
7. Rustam sbg juru mudi
8. Adi syahputra sbg juru bbm
9. Ahmad ali sbg juru bbm
10. Bagus susmito sbg Juru bbm
11. Sudirman sbg juru koki

Baca Juga: ABK Hilang di Perairan Takisung Tala Akhirnya Ditemukan

Baca Juga: Membanggakan, Anggota Polres Tanah Bumbu Ikut Pecahkan Rekor Dunia

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner