Tak Berkategori

Kaltim Siapkan Ribuan Armada, Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

apahabar.com, SAMARINDA – 2.555 unit armada darat dan sungai siap digunakan sebagai angkutan lebaran. Demikian hasil…

Featured-Image
Ilustrasi terminal Bus Sangata Selatan. Foto-Prokal.co

bakabar.com, SAMARINDA – 2.555 unit armada darat dan sungai siap digunakan sebagai angkutan lebaran.

Demikian hasil rapat koordinasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim dengan Dinas Perhubungan kabupaten/kota, stakeholders serta lembaga yang terkait, kemarin. Untuk diketahui, rakor tersebut sengaja digelar untuk memonitor kesiapan armada.

Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong mengungkapkan, ribuan unit armada itu terdiri dari angkutan kota antar provinsi (AKAP) 105 bus.

Masing-masing melayani rute Samarinda-Banjarmasin via Amuntai 20 armada, Samarinda-Banjarmasin via Barabai 62 armada.

“Tanah Grogot-Batulicin enam armada dan Tanah Grogot-Amuntai-Barabai 17 armada,” sebut Salman Lumoindong, dikutip bakabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltim, Jumat (17/5).

Baca Juga: Pembatasan Produksi Batubara IUP, Isran Minta Pengusaha Tak Khawatir

Sedangkan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) 401 unit bus umum. Masing-masing melayani trayek Samarinda-Balikpapan, Balikpapan-Bontang, Samarinda-Sangata, Samarinda-Berau.

“Termasuk rute Samarinda-Melak, Samarinda-Tanjung Isuy, Samarinda-Wahau, Samarinda-Samboja, serta beberapa daerah lainnya,” ujar Salman.

Kemudian armada AKDP jenis mobil pengangkut umum (MPU) sebanyak 691 armada. Masing-masing melayani trayek Samarinda-beberapa kecamatan di Kabupaten Kukar, Paser dan Kutim.

“Sementara AKDP-Taksi Argo sebanyak 567 armada. Untuk AKDP-angkutan perintis sebanyak 14 armada,” jelasnya.

Untuk angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP), ujar Salman, pihaknya menyiapkan 591 armada. Terdiri angkutan penyeberangan (kapal Ferry) di Kariangau 16 armada.

“Angkutan lintas kabupaten/kota 183 armada dan angkutan dalam kabupaten/kota 396 armada,'” tandasnya.

Sementara untuk angkutan laut, lanjut Salman dipersiapkan sebanyak 183 unit kapal. Terdiri dari milik PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) tujuh armada dengan kapasitas 14.377 penumpang.
Kapal milik swasta 13 kapal dengan kapasitas 11.990 penumpang, speedboat/longboat 39 unit dengan kapasitas 1.566 penumpang dan kapal barang sebanyak 124 unit, sehingga jumlah armada angkutan lebaran baik darat, laut, sungai dan penyeberangan sebanyak 2.555 armada.

“Sementara armada angkutan udara sebanyak 133 penerbangan (flight). Terdiri Bandara Sultan Aji Muhmmad Sulaiman Sepinggan Balikpapan 97 penerbangan/hari. Bandara Kalimarau Berau 11 penerbangan. Bandara APT Pranoto Samarinda 21 penerbangan dan Bandara Melalan (Kutai Barat) empat penerbangan setiap hari,” kata Salman.

Baca Juga: Gagal Paham soal Parsel, Wagub Hadi Beri Klarifikasi

Dari jumlah armada angkutan yang dipersiapkan, kata Salman, tidak semua dapat dioperasikan pada arus mudik maupun arus balik lebaran mendatang. Karenanya, perlu dilakukan runcheck untuk menguji kelayakan armada tersebut.

“Kita sudah melakukan runcheck sampai tiga kali dan terus bergulir di setiap terminal untuk memeriksa kelayakan armada angkutan lebaran. Kami temukan ada beberapa armada yang tidak layak beroperasi. Misal dari administrasinya, kartu ijinnya mati, sementara dari sisi teknis remnya semuanya diperiksa,” kata Salman.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner