Tak Berkategori

Kaltim Datangkan Ribuan Sapi Lagi dari Australia

apahabar.com, SAMARINDA – Kaltim kembali kedatangan 2.000 sapi jenis Brahman Cross dari Australia. Sapi-sapi itu milik…

Featured-Image
Ribuan sapi Brahman Cross didatangkan dari Australia menggunakan kapal pengangkut yang sandar di Pelabuhan Banuo Taka, Kabupaen Penajam Paser Utara sejak Rabu kemarin. Foto-Istimewa

bakabar.com, SAMARINDA – Kaltim kembali kedatangan 2.000 sapi jenis Brahman Cross dari Australia. Sapi-sapi itu milik PT Agro Menara Rachmat (AMR).

Kedatangan sapi potong tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi masyarakat di Benua Etam.

Ribuan sapi didatangkan menggunakan kapal pengangkut dan sandar di Pelabuhan Banuo Taka Penajam Paser Utara sejak Rabu (02/10) malam.

“Alhamdulillah telah datang sapi milik perusahaan jenis Brahman Cross dari Australia melalui jalur laut,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim H Dadang Sudarya, dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Kaltim, Jumat.

Kemarin, sapi yang didatangkan sedang dalam proses bongkar muat. Termasuk proses audit (pemeriksaan kesehatan dan jumlah) dari Karantina, Bea Cukai dan KKP Semayang.

Diakui Dadang bahwa pengapalan sapi ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, sudah didatangkan sebanyak 1.691 ekor sapi pada 3 Mei lalu.

“Yang pasti, sapi yang didatangkan ini untuk program penggemukan dan didistribusikan ke rumah potong hewan (RPH) di Kaltim. Dengan tujuan untuk konsumsi masyarakat,” jelasnya.

Dengan didatangkan sapi tersebut, diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan dan kestabilan harga daging di daerah. Artinya, Kaltim tidak terjadi kekurangan pasokan sebab stok (ketersediaan) mencukupi bahkan melebihi kebutuhan.

Karena itu, saat pemeriksaan dari Karantina dan instansi terkait diharapkan ternak sapi tersebut dalam keadaan sehat dan lengkap. “Kita harapkan semakin banyak investor-investor lain yang bergerak di bidang peternakan di Kaltim,” jelasnya.

Ditambahkan Dadang, selama penggemukan sapi-sapi dilakukan pemeliharaan melalui pengembangan integrasi sawit sapi oleh PT AMR dengan PT Waru Kaltim Plantation.

Baca Juga: Ternak Sapi, Kaltim Gagas Seribu Kandang Penggembalaan Mini

Baca Juga: Harga Ayam Broiler Belum Stabil, Ini Upaya Pemprov Kalsel

Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner