Pemilu 2024

Kaesang Harap KPU Tetap Adakan Debat Cawapres

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap adanya debat calon wakil presiden (cawapres) secara tunggal dalam Pemilu 2024.

Featured-Image
Ketum PSI Kaesang Pangarep (kiri) bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap adanya debat calon wakil presiden (cawapres) secara tunggal dalam Pemilu 2024.

Kata dia, hal ini bertujuan agar masyarakat pun bisa melihat secara langsung kualitas dari seluruh calon wapres yang berkontestasi di Pemilu 2024 mendatang.

“Dari saya pribadi ingin ada debat calon wakil presiden tunggal. Kalau sekarang calon wakil presiden tetap didampingi oleh calon presidennya,” ujar Kaesang, dikutip Senin (4/12), seperti dilansir Antara.

Di samping itu, dirinya menilai debat cawapres secara tunggal juga sekaligus akan membuat masyarakat dapat melihat kualitas dari tiap paslon cawapres tersebut.

Baca Juga: Debat Cawapres Ditiadakan, Puan Minta KPU Berembuk Kembali

“Kalau (debat) tunggal, (masyarakat) bisa melihat langsung kualitas calon wakil presiden. Aura calon presidennya hilang, jadi aura calon wakil presiden kelihatan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengungkapkan bahwa terdapat anggapan diubahnya format debat cawapres karena untuk kepentingan cawapres tertentu.

Padahal kata dia, ditiadakannya debat cawapres oleh KPU juga telah melalui proses sekaligus diskusi dari komisi pemilihan umum dengan seluruh pasangan calon.

“Ketika isu ini beredar, ada framing seolah-olah ditiadakan itu kepentingan Gibran. Ini framing yang langsung dimainkan, padahal ini ada prosesnya, diskusi di antara KPU dan semua calon,” katanya.

Baca Juga: Respons Gibran soal KPU Ubah Format Debat Pilpres 2024

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan jadwal pelaksanaan debat capres-cawapres untuk kontestasi Pemilu 2024.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengungkapkan ada lima jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

Adapun, jadwal debat yang telah ditentukan yakni tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Kemudian dilanjutkan pada 7 dan 14 Januari, dan ditutup pada 4 Februari 2023 mendatang.

Editor
Komentar
Banner
Banner