Kalteng

Kabut Asap Semakin Pekat, Korban ISPA di Kobar Capai Puluhan Ribu

apahabar.com, PANGKALAN BUN – Kabut asap semakin pekat di wilayah Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Akibatnya, banyak warga…

Featured-Image
Kabut asap makin pekat di wilayah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Foto-apahabar.com/Maman

bakabar.com,PANGKALAN BUN –Kabut asap semakin pekat di wilayah Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Akibatnya, banyak warga yang terserang penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan (ISPA) di Kabupaten tersebut.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM), Herdadi mengatakan pada pekan ketigadi bulan September 2019, pihaknya mendapat data dari 10 Puskesmas dari 18 Puskesmas di Kabupaten Kobar. Dari data tersebut, terungkap penderita ISPA sebanyak 2.108 orang.

"Bulan September 2019 ini ada penambahan sebanyak 2.108warga, sebelumnya pada Agustus2019 jumlah penderita ISPA 3.383 kasus. Jadi kalau ditotal dari bulan Januari 2019, jumlah keseluruhan warga yang terserang ISPA di Kabupaten Kobar mencapai 26.904 jiwa," ujar Herdandi.

Terpisah, Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Kobar H. Rois mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menghadapi kabut asap yang semakin pekat ini.

"Kalau tidak ada kepentingan, lebih baik berdiam di rumah tapi kalau ada kepentingan keluar rumah pergunakan masker," ungkapnya.

Baca Juga: Kabut Asap Semakin Pekat, Pemkab Kotim Perpanjang Libur Sekolah

Baca Juga:Dampak Kabut Asap, 427 Warga Barito Utara Terserang ISPA

Baca Juga: Gara-Gara Kabut Asap, Kasus ISPA di Banjarmasin Meningkat

Baca Juga: ASN Hamil Dizinkan Tak Bekerja Selama Kabut Asap

Reporter: ACH 16
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner