Munas KAHMI

Jusuf Kalla Sampaikan Kriteria Presidium KAHMI

Ketua Dewan Etik Korps Alumni HMI (KAHMI) Jusuf Kalla menyampaikan tiga kriteria yang layak menjadi presidium KAHMI untuk periode 2022-2027.

Featured-Image
Ketua Dewan Etik MN KAHMI, Jusuf Kalla (dua dari kanan). Tim Media Publikasi Panitia Munas KAHMI.

bakabar.com, PALU - Ketua Dewan Etik Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jusuf Kalla menyampaikan tiga kriteria layak presidium KAHMI periode 2022-2027.

"Kecendikiawannya, inovasinya dan pengabdiaannya. Itu saja kalau ditanya apa syaratnya," kata JK saat memberikan sambutan pada acara Gala Dinner KAHMI di Palu, Kamis (24/11) malam.

Wakil presiden (wapres) Indonesia ke-10 dan ke-12 itu menekankan para alumni HMI untuk mengevaluasi kembali terkait tujuan ber-HMI.

Menurut JK, tujuan HMI terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernapaskan Islam. Serta bertangung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

"Tujuan HMI sama dengan tujuan KAHMI. Kalau itu tidak tercapai, buat apa kita ber-HMI," ungkap ketua umum PMI ini.

Baca Juga: Infonya Jokowi Batal Hadir dalam Munas KAHMI 2022

JK menegaskan para alumni HMI harusnya dapat menjawab pertanyaan dalam dirinya, apakah sudah intelektual, cendekiawan dan berpikir keilmuan sesuai insan akademis. Termasuk, apakah sudah menjadi pencipta dan inovator sesuai bidangnya masing-masing.

"Munas bukan hanya membahas dan memutuskan siapa pimpinan yang baru, tetapi mengevaluasi sampai di mana menerapkan tujuan HMI," ucap pria asal Makassar ini.

Koordinator Presidium (Korpres) KAHMI Ahmad Doli Kurnia berharap Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 KAHMI di Palu menghasilkan gagasan dan pemikiran baru untuk organisasi.

"Mari kita isi dengan ide baru dan gagasan baru, tentang gerakan KAHMI lima tahun ke depan, untuk indonesia yang lebih baik dan untuk kepentingan umat," tutur Doli.

Baca Juga: Ramai-Ramai Tolak KAHMI Jadi Parpol: Sudah Tidak Orisinal!

Munas ke-11 KAHMI di Palu, 24-27 November 2022 ini memiliki beberapa agenda penting. Salah satu genda penting memilih sembilan presidium baru dari 40 nama yang dinyatakan lolos sebagai bakal calon presidium KAHMI.

Para bakal calon itu mewakili tiga kategori pertama politisi, kedua akademisi dan birokrasi, serta ketiga pengusaha, profesional dan LSM.

Editor


Komentar
Banner
Banner