Arus Balik 2023

Jumlah Penumpang KA Tahun Ini di Daops 8 Surabaya Meningkat 38 Persen

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 8 Surabaya jumlah penumpang kereta api tahun ini mencapai 268.413 penumpang.

Featured-Image
Pemudik di Stasiun Pasar Senen. (Foto: CNN Indonesia)

bakabar.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 8 Surabaya jumlah penumpang kereta api tahun ini mencapai 268.413 penumpang.

Jumlah tersebut terhitung sejak 14 April hingga hari ini. Tak hanya itu, jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 38 persen atau setara 75.000 penumpang pada momen lebaran 2023 dibandingkan tahun lalu.

"Dengan berbagai keunggulan salah satunya ketepatan waktu, lokasi stasiun yang strategis, kenyamanan di stasiun maupun di atas KA (kereta api), dan lain sebagainya," ujar Manager Humas KAI Daops 8 Surabaya, Luqman Arif melalui keterangan tertulis, Kamis (27/4).

Baca Juga: Kurangi Kepadatan Penumpang, KAI DAOP 8 Surabaya Imbau Penumpang Cari Tanggal Alternatif Arus Balik

Sedangkan jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Wilayah Daops 8 Surabaya mencapai 254.038. Dari total tersebut sebanyak 26.914 penumpang berdatangan dari sejumlah titik stasiun di wilayah kota pada pukul 11.00 WIB.

Adapun rincian kedatangan penumpang di Daops 9 Surabaya seperti di Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 9.316, Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 7.628, Stasiun Malang sebanyak 4.401, dan sisanya berasal dari stasiun wilayah Daops 8 lainnya.

Tak hanya itu, berdasarkan catatan KAI Daops 8 Surabaya sebanyak 17.617 penumpang berangkat dari stasiun yakni 4.594 penumpang dari Stasiun Gubeng, 4.816 penumpang dari Stasiun Pasarturi, 2.616 penumpang dari Stasiun Malang, dan sejumlah titik lainnya.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Terjual 49 Persen di Surabaya

Pelaku perjalanan yang akan menggunakan angkutan kereta api bisa langsung melakukan pembelian tiket dengan memanfaatkan aplikasi KAI Access maupun mitra resmi lainnya.

Apabila calon penumpang tak bisa mendapatkan tanggal favorit keberangkatan, maka disarankan langsung menuju fitur connecting train pada aplikasi KAI Access atau memilih tanggal lainnya.

"Sesuai arahan pemerintah yang mengimbau untuk menunda balik, hal ini menjadi berkah tersendiri agar bisa bertemu dengan keluarga lebih lama, dan KAI akan selalu siap melayani penumpang," ujarnya lagi.

Siagakan Pelayanan Porter

Suasana di pintu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4). bakabar.com/Andrey
Suasana di pintu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4). Foto: bakabar.com/Andrey

KAI Daops 8 Surabaya menyediakan layanan porter yang disiagakan di masing-masing lokasi stasiun. Mereka tak hanya mengantarkan barang saja, namun juga membantu memberikan informasi kepada penumpang.

Kendati demikian, penumpang juga diimbau membawa barang secukupnya ketika akan melakukan perjalanan dengan kereta api.

"Porter di beberapa stasiun akan siap membantu para penumpang membawakan barang hingga kursi di atas KA, selain itu mereka juga siap memberikan informasi jam keberangkatan KA, KA berada di jalur mana, dan sebagainya," ujar dia lagi.

Fasilitas Pendukung

Beberapa fasilitas lainnya yang disediakan KAI Daops 8 Surabaya juga meliputi petugas tambahan, seperti pegawai KAI, customer service mobile, relawan Satgas Pramuka, hingga relawan Komunitas Railfans. Sedangkan sisi keamanan akan dipegang oleh TNI dan Polri, serta petugas Dishub yang berpatroli.

"KAI Daops 8 Surabaya akan terus mengutamakan kenyamanan para penumpang selama masa angkutan Lebaran dengan menyiagakan petugas tambahan maupun dukungan dari instansi lain," ujar Luqman.

Editor


Komentar
Banner
Banner