Kalteng

Jumlah Penerima Bantuan PKH di Kapuas Bertambah Jadi 11.387 KPM

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Jumlah penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Kapuas, Kalteng,…

Featured-Image
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan saat menyalurkan bantuan beras kepada warga penerima manfaat. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Jumlah penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengalami peningkatan yang signifikan.

Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan mengatakan, pada tahun 2020 penerima bantuan PKH tahap 1 sebanyak 9.165 KPM dan tahun 2021 tahap 4 bertambah jadi 11.387 KPM.

“Dengan total anggarannya yang disiapkan Kemensos dan disalurkan melalui kartu keluarga sejahtera yaitu sebesar Rp 26,8 miliar lebih,” katanya saat merilis capaian kinerja Dinas Sosial Kapuas selama tahun 2021, Sabtu (8/1).

Sedangkan penyaluran bantuan Sembako melalui program pangan non tunai (BPNT) reguler, dimana pada tahun 2021 sampai akhir Desember tercatat sebanyak 16.727 KPM yang tersebar di 17 kecamatan di Kapuas.

“Nah, di tahun 2021 kita juga mendapatkan tambahan kuota untuk program BPNT PPKM dengan jumlah pemerima sampai akhir Desember sebanyak 13.449 KPM,” terang Budi.

“Sehingga total penerima bantuan sembako program BPNT di Kabupaten Kapuas baik reguler dan bantuan di masa pandemi berjumlah 30.176 KPM,” imbuhnya.

Selain dua program Bansos dari Kementerian Sosial tersebut, Budi Kurniawan juga menyampaikan sejumlah capaian penyaluran bantuan lainnya, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD tahun 2021.

Diantaranya adalah program bantuan pembiayaan iuaran BPJS kesehatan. Dimana pada tahun 2021 total pemerima bantuan iuaran (PBI) yang bersumber dari APBN tercatat sebanyak 107 ribu lebih penerima.

Kemudian penerima bantuan iuaran pembiayaan BPJS kesehatan yang bersumber dari APBD Kapuas melalui Dinas Kesehatan setempat, tercatat sebanyak 59 ribu lebih penerima.



Komentar
Banner
Banner