Olahraga

Juarai Kejurnas Rally di Kandang, Rihan Variza Langsung Fokus Seri Asia

Seusai menjuarai Kejurnas Rally 2023 seri kedua, HM Rihan Variza langsung fokus ke Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023.

Featured-Image
Aksi HM Rihan Variza di seri kedua Kejurnas Rally 2023 yang berlangsung di Tapin. Foto: HRVRT Official

bakabar.com, RANTAU - Seusai menjuarai Kejurnas Rally 2023 seri kedua, HM Rihan Variza langsung fokus ke Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023.

Pereli HRVRT HBM BGM tersebut tampil brilian di seri kedua yang berlangsung di Tapin-Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat hingga Minggu (4-6/8).

Meski sempat kurang greget di Spesial Stage (SS) pembuka yang berlangsung di Rantau Baru, pereli Kalimantan Selatan itu membuktikan kapasitas sebagai tuan rumah di SS berikutnya.

Hasilnya Rihan yang ditemani navigator Anthony Sarwono membukukan total time 1:20:24,7 atau unggul 1:28,9 menit atas H Putra Rizky di peringkat kedua.

"Alhamdulillah kami mampu memperoleh hasil maksimal. Terima kasih kepada masyarakat, keluarga dan tim," ungkap Rihan dalam konferensi pers di Sirkuit Balipat, Minggu (7/8).

"Selanjutnya kami berharap bisa lebih siap menghadapi seri ketiga yang diselenggarakan berbarengan dengan APRC. Akan dilakukan refresh mobil menggunakan part-part baru, selain meningkatkan fisik," imbuhnya.

Diketahui Kejurnas Rally 2023 seri ketiga yang berlangsung 24 hingga 26 November mendatang di Sumatera Utara, digelar bersamaan dengan APRC round 3.

Baik Kejurnas Rally seri ketiga maupun APRC round 3, dilangsungkan di Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli.

Baca Juga: South Borneo Rally 2023 Seri Kedua, Tuan Rumah Raih Juara Umum

Baca Juga: Kejurnas Rally 2023 Seri Kedua Berakhir Sukses, Bupati Tapin: Alhamdulillah

Sebelumnya di seri pembuka di tempat yang sama, Musa Rajekshah berhasil menjadi kampiun, disusul H Rahmat sebagai runner up dan H Atuy Faturrahman di peringkat ketiga.

Namun dalam seri kedua di Tapin-Banjar, Musa 'Ijeck' Rajekshah melorot ke peringkat kelima atau tepat di belakang Ryan Nirwan.

"Kami sudah berusaha, tetapi rezeki dapat peringkat kelima. Kami sempat keteteran di SS pembuka, kemudian bermasalah dengan power steering mulai SS 10 hingga 13," jelas Ijeck.

"Selanjutnya kami juga akan mengecek ulang kendaraan. Juga mengatur jadwal latihan, karena sebelumnya tak latihan. Kebetulan 5 September 2023 mendatang, masa jabatan saya habis sehingga mungkin akan tersedia banyak waktu latihan," imbuh Wakil Gubernur Sumut ini.

Terlepas dari kendala yang dihadapi, Ijeck mengacungkan jempol terhadap penyelenggaraan Kejurnas Rally 2023 seri kedua.

"Meski baru pertama digelar di Kalsel, penyelenggaraan seri kedua tergolong luar biasa. Banyak variasi trek dari high speed flat, hingga banyak tikungan," papar Ijeck.

"Juga untuk kali pertama di Tanah Air, tersedia trek di sirkuit seperti di kejuaraan rallycross, sehingga hampir semua SS di seri kedua menantang," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner