Megaproyek Kalsel

Joss, Menpora Beri Sinyal Banjarbaru Punya Stadion Kelas FIFA

Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan segera punya stadion berstandar FIFA yang rencananya dibangun mulai Februari 2024.

Featured-Image
Dalam waktu dekat Banjarbaru Internasional Stadium berstandar FIFA bakal dibangun. Foto: ilustrasi/IG Jakinstadium

bakabar.com, JAKARTA - Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan segera punya stadion berstandar FIFA. Rencananya dibangun mulai Februari 2024.

Pembangunan stadion yang akan bernama Banjarbaru Internasional Stadium (BIS) itu memakan lahan seluas 22.5 hektare meliputi luas lahan stadion mencapai 6,1 hektare dan bangunan stadion sekitar 3 hektare.

Dengan dibangunnya Stadion itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pun memberikan sinyal dan dukungan penuh agar pembangunan Banjarbaru Internasional Stadium berjalan lancar. 

"Jelas saya mendukung dengan pembangunan stadion ini karena akan berstandar FIFA. Ini sangat penting karena bisa meningkatkan olah raga di daerah itu," jelas Dito Ariotedjo di Gedung Kemenpora, Kamis (26/10).

Baca Juga: Menpora Dito Janjikan Bonus bagi Atlet di Asian Para Games 2022

Pembangunan Banjarbaru International Stadium akan dibangun di Kecamatan Cempaka, Kelurahan Bangkal, Kalimantan Selatan.

Adapun rencananya pemerintah menghabiskan sekitar Rp350 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Desain Banjarbaru Internasional Stadium. foto: PUPR/Pemkot Banjarbaru
Desain Banjarbaru Internasional Stadium. foto: PUPR/Pemkot Banjarbaru

Tidak hanya itu, stadion yang akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Selatan tersebut berkapasitas 23.600 penonton kursi single seat. 

Menpora Dito juga mengungkapkan bahwa pembangunan Banjarbaru Internasional Stadium merupakan target pemerintah untuk membangun stadion berstandar FIFA di daerah-daerah Indonesia. 

"Kita mendorong untuk stadion yang ada khususnya di daerah-daerah ini berstandar FIFA, jadi ini sangat baik dan harus berstandar FIFA," jelas Dito Ariotedjo. 

Baca Juga: Rencana Jadi Markas Borneo FC, Dispora Kukar Bakal Perbaiki Stadion Aji Imbut

Selain itu, Menpora Dito akan memperhatikan pasca pembangunan untuk pengelolaan Banjarbaru Internasional Stadium. 

"Kedepannya harus diperhatikan pasca pembangunan untuk pengelolaan setelah selesai, karena itu yang paling penting setelah terbangunnya stadion agar tidak terbengkalai," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner