Sport

Jordi Amat dan Sandy Walsh Akan Menjalani Prosesi Pengambilan Sumpah Kewarganegaraan Dalam Waktu Dekat

Calon pemain naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh dikabarkan akan rampung dalam waktu dekat, hanya saja tinggal menunggu keduanya di ambil sumpahnya.

Featured-Image
Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan rampung dalam waktu dekat. (apahabar.com/ Farhan)

bakabar.com, JAKARTA – Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh nampaknya sedikit lagi akan mencapai proses pengambilan sumpah. Kedua pemain tersebut kabarnya akan melakukan pengambilan sumpah pada Oktober 2022 mendatang.

Selangkah lagi proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan selesai. Kedua calon pemain Timnas Indonesia itu tinggal menjalani pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, saat ditemui seusai acara Rakor dengan Kemenpora, di Jakarta, Kamis (6/10) kemarin.

“Kami usahakan bulan Oktober ini, kami berharap keduanya datang ke Indonesia,” ujar Yunus Nusi.

Atur Jadwal Pengambilan Sumpah

Saat ini, Kementerian Hukum dan Ham sedang mencocokkan jadwal kompetisi Jordi Amat di Malaysia dan Sandy Walsh di Eropa.

Lebih lanjut, Yunus mengatakan masih belum diketahui kapan tepatnya pengambilan sumpah tersebut dilakukan.

“Tinggal tunggu proses pengambilan sumpah dan mereka lagi menjalankan full kompetisi di negaranya, tinggal tunggu itu saja,” kata Sekjen PSSI itu.

“Kalau dari Kementerian Hukum dan Ham tak ada lagi masalah, tinggal kita sesuaikan jadwal keduanya dengan kementerian,” lanjutnya.

Yunus juga menerangkan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk pengambilan sumpah calon pemain timnas tersebut dapat dilakukan pada bulan Oktober ini.

Selain itu, ia juga mengatakan ada kemungkinan Jordi dan Sandy akan datang ke Indonesia untuk menjalani proses pengambil sumpah tersebut.

“Kami usahakan bulan ini (pengambilan sumpah). Kami berharap keduanya datang ke sini,” jelasnya.

Sebelumnya, kedua calon pemain Timnas Indonesia ini telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) sebagai pemain naturalisasi pada September lalu.

Dalam Rapat Paripurna DPR ke-5 masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, melalui Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus menyatakan Jordi Amat dan Sandy Walsh telah mendapatkan restu dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

“Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh,” kata Lodewijk, (20/9) lalu.

Shayne Pattynama juga Akan Dinaturalisasi

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, kabarnya akan ada satu pemain lain yang sedang menjalani proses naturalisasi. Dia adalah Shayne Pattynama.

Naturalisasi Shayne Pattynama dilaporakan sudah mendapat persetujuan oleh Dewa Perwakilan Rakyat (DPR). Namun masih terdapat beberapaa tahapan yang harus dilalui oleh Shayne.

Jika proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat selesai dalam waktu dekat, maka kedua pemain tersebut akan dapat membela Tiimnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Akan tetapi, faktor kendala dari klub tempat kedua pemain itu bermain mungkin saja ada, mengingat Piala AFF tidak masuk dalam agenda resmi FIFA.

Editor


Komentar
Banner
Banner