Sport

Jonatan Christie Cetak Rekor di All England 2024, Fajar/Rian Juara Lagi

Sederet rekor mengiringi keberhasilan Jonatan Christie yang memenangi tunggal putra All England 2024, Minggu (17/3) malam.

Featured-Image
Jonatan Christie mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting dalam All Indonesia Final di All England 2024. Foto: AP/Bola

bakabar.com, LONDON - Sederet rekor mengiringi keberhasilan Jonatan Christie yang memenangi tunggal putra All England 2024, Minggu (17/3) malam.

Jonathan mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting dalam All Indonesia Final yang berlangsung selama 55 menit di Utilita Arena Birmingham.

Selalu unggul di setiap interval, Jonatan mengalahkan Ginting dengan skor 21-15 dan 21-14.

Dengan demikian, Jonatan menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang menjuarai All England setelah Hariyanto Arbi di edisi 1994 atau 30 tahun silam.

Kendati kalah di final, Ginting juga mencetak rekor di fase sebelumnya, karena mengakhiri 22 tahun penantian Indonesia untuk menempatkan wakil tunggal putra final.

Sementara ketika berhadapan final, Jojo dan Ginting mengulang All Indonesian Final 1994, ketika Hariyanto Arbi berhadapan dengan Ardy Bernardus Wiranata.

Adapun dalam perjalanan ke final, Ginting mengalahkan Christo Popov dari Prancis melalui rubber game 19-21, 21-5, dan 21-11.

Sedangkan Jonatan menundukkan pebulutangkis India, Lakshya Sen, juga melalui rubber game dengan skor 21-12, 10-21, 21-15 di semifinal.

"Saya tidak pernah menyangka bisa menjadi juara di All England. Ini juga gelar Super 1000 pertama saya," ungkap Jonatan dikutip dari rilis PBSI.

"Hal yang tidak kalah penting adalah saya dan Ginting bisa mengulang sejarah 30 tahun lalu. Gelar ini tak mudah diraih, karena harus dilalui bertahun-tahun dengan latihan keras dan kegagalan," imbuhnya.

Fajar Alfian/Muhammad Rian sukses mencetak back to back champions di nomor ganda putra All England 2024. Foto: PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian sukses mencetak back to back champions di nomor ganda putra All England 2024. Foto: PBSI

Selain tunggal putra, Indonesia juga menjuarai nomor handa putra melalui Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Mereka bahkan meraih back to back champions, seusai menundukkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia dengan skor 21-16 dan 21-16.

Adapun di final All England 2023, Fajar/Rian mengalahkan ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 21-17 dan 21-14.

"Bersyukur bisa memenangkan pertandingan. Kami bermain enjoy, karena sudah mencapai final," ungkap Fajar.

"Lawan bermain luar biasa dan mereka pasangan yang bagus. Namun kami lebih menikmati pertandingan dan enggan memikirkan hasil," timpal Rian.

Editor
Komentar
Banner
Banner