KTT Asean 2023

Jokowi Ajak ASEAN Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Pada puncak KTT Asean Plus Three, Presiden Jokowi mengajak China, Jepang dan Korea Selatan bekerja sama. Mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Featured-Image
Jajaran mobil listrik yang akan digunakan untuk operasional selama gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT. Foto: Pelindo.

bakabar.com, JAKARTA - Pada puncak KTT Asean Plus Three, Presiden Jokowi mengajak China, Jepang dan Korea Selatan bekerja sama. Mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Kerja sama itu penting. Karena untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di kawasan ASEAN. "Ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan," kata Jokowi.

Baca Juga: Wapres Amerika Serikat Singgung Dana JETP di KTT ASEAN

Pertemuan KTT ASEAN Plus Three itu berlangsung, Rabu (6/9) tadi. Dihadiri Perdana Menteri China, Li Qiang; Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Sebelumnya, China, Jepang dan Korea Selatan telah mendukung pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik. Saat Asean-Indo Pasifik Forum.

Hanya saja, kerja sama itu akan terganggu jika ada gesekan stabilitas keamanan dan politik internasional. Jokowi pun meminta agar semua pihak memiliki rasa. Kesadaran yang sama untuk menjaga perdamaian.

Baca Juga: Jokowi Sebut Jepang Mintra Strategis ASEAN

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol lantas menyambut baik tawaran kerja sama itu. Bagi dia, KTT ASEAN di Jakarta ini momen tepat untuk membentuk kerangka kerja.

"Kami harus memfasilitasi kerja sama di antara Korsel, Jepang dan China. Yang menjadi landasan pembangunan di ASEAN," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner