KTT Asean 2023

Jokowi Sebut Jepang Mitra Strategis ASEAN

ASEAN dan Jepang sepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis. Begitu kata Presiden Jokowi.

Featured-Image
Logo KTT ASEAN Summit 2023 di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (27/1/2023). Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi perhelatan KTT ASEAN Summit 2023, pertemuan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, (NTT). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - ASEAN dan Jepang sepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis. Begitu kata Presiden Jokowi saat membuka ASEAN Summit and Relate Summits di Jakarta, Rabu (6/9). 

"Kerja sama inibukan sekedar seremonial dan bukan basa-basi tapi, justru terbentuk kerjasama konkret konkret yang saling menguntungkan," ujarnya.

Baca Juga: ASEAN Jadi Titik Terang Ekonomi Dunia

Selama ini Jepang adalah salah satu mitra yang paling aktif di ASEAN. Selain itu juga pendukung utama untuk kawasan Indo Pasifik.

"Jepang menjadi kontributor utama dalam mewujudkan kerjasama konkret yang bermanfaat langsung bagi rakyat," ucap Jokowi.

Apalagi ASEAN membutuhkan investasi infrastruktur senilai 184 miliar dolar AS per tahun. Di bagian ini Jepang dapat terus meningkatkan kontribusinya ntuk mendukung konektivitas dan infrastruktur hijau.

"Secara geografis Jepang dan ASEAN adalah bagian dari Asia. Di sinilah rumah kita, tempat kita tumbuh, oleh karena itu kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kawasan kita sebagai kawasan damai stabil dan sejahtera," tutupnya.

Baca Juga: IKN Digadang Jadi Penghubung ASEAN

Dalam kesempatan yang sama, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memastikan akan menggelontorkan senilai 100 juta dolar AS. Uang itu untuk mendukung konektivitas dan infrastruktur hijau di kawasan ASEAN.

“Dana integrasi Asean-Jepang dan forum Indo-Pacific hari ini, dan saya baru saja mengumumkan inisiatif konektivitas komprehensif Asean-Jepang,” ujar Kisidha.

Editor


Komentar
Banner
Banner