Kecantikan

Beda Jenis Kulit, Beda Juga Bedaknya

Bedak memiliki bentuk, warna, serta tekstur yang bervariasi sesuai dengan jenis dan warna kulit penggunanya.

Featured-Image
Jenis-Jenis Bedak (Foto: buckheadmatology)

bakabar.com, JAKARTA - Bedak merupakan komponen utama dari rangkaian makeup yang berfungsi untuk mencerahkan sekaligus mengurangi minyak berlebih sehingga dapat menyempurnakan hasil riasan wajah Anda.

Bedak memiliki bentuk, warna, serta tekstur yang bervariasi sesuai dengan jenis dan warna kulit penggunanya.

Bahkan beberapa jenis bedak yang banyak bermunculan mengandung skincare di dalamnya seperti tabir surya yang dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Kebanyakan orang mengira bahwa jenis bedak hanya ada satu jenis saja, padahal sebenarnya ada macam-macam jenis bedak dengan fungsi yang berbeda-beda.

Berikut jenis-jenis bedak berdasarkan fungsinya: 

1.  Bedak Tabur

Bedak tabur atau yang sering dikenal dengan loose powder merupakan bedak yang bertekstur ringan yang biasanya dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Jenis bedak ini cocok untuk anda yang memiliki permasalahan kulit berminyak karena teksturnya yang mudah menyerap minyak berlebih dan dapat menutupi pori-pori di wajah.

Namun bedak ini kurang efektif karena teksturnya yang bubuk akan mudah tumpah dan juga tidak tahan lama ketika terkena keringat.

2. Bedak padat

Bedak ini memiliki tekstur yang padat sehingga dapat dengan mudah untuk diaplikasikan diwajah serta dapat membuat hasil makeup menjadi lebih halus.

Jenis bedak ini lebih praktis dibawa kemana-mana dibanding dengan bedak tabur, selain itu bedak dengan nama lain compact powder ini mampu membuat hasil riasan lebih tahan lama.

Bedak ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit normal cenderung kering dan tidak disarankan untuk anda yang memiliki kulit berminyak.

3. Bedak Transparan

Sesuai dengan namanya, bedak transparan atau translucent powder ini tidak memiliki warna yang berfungsi untuk mengontrol kilau di wajah dan dapat menyerap kelebihan minyak sehingga membuat hasil matte pada riasan.

Jika Anda memiliki wajah yang cenderung berminyak dan menggunakan full makeup anda disarankan untuk menggunakan jenis bedak ini karena tidak akan mengubah warna foundation.

4. Bedak two way cake

Jika Anda tipe yang tidak suka ribet, bedak ini bisa menjadi solusinya dikarenakan jenis bedak ini merupakan kombinasi antara foundation dan bedak.

Bedak ini menghasilkan tampilan flawless dan dapat menutupi flek-flek hitam yang ada di wajah. 

5. Bedak glitter

Mengandung bubuk kilap atau glitter sehingga dapat membuat tampilan wajah menjadi lebih bercahaya.

Jenis bedak ini biasanya dipakai saat menghadiri acara-acara karena akan memberikan tampilan makeup menjadi mewah dan tidak disarankan digunakan untuk tampilan makeup sehari-hari karena akan memberikan kesan berlebihan.

Bedak ini bertekstur halus seperti bedak tabur dan memiliki serbuk-serbuk glitter yang dapat diaplikasikan pada anggota tubuh seperti leher, lengan dan anggota tubuh terbuka lainnya.

Itulah sederet informasi mengenai jenis-jenis bedak untuk wajah. Nah, kalau Anda lebih suka memakai jenis bedak yang mana?

Editor


Komentar
Banner
Banner