Kalteng

Jemput Bola Perekaman KTP, Disdukcapil Turun ke Wilayah Hulu Kapuas

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali melakukan jemput…

Featured-Image
Kegiatan jemput bola pelayanan perekaman KTP elektronik di Desa Sei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu, Kalteng. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali melakukan jemput bola pelayanan perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Kegiatan jemput bola kali ini dilaksanakan di Desa Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu, dalam upaya percepatan cakupan kepemilikan KTP El di desa-desa dan kecamatan terjauh di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas Dukcapil Kapuas, Ruseni, mengatakan mayoritas masyarakat yang melakukan perekaman KTP EL adalah masyarakat yang baru berusia 17 tahun atau pemula yang berada di desa-desa di Kecamatan Kapuas Hulu.

Kegiatan jemput bola seperti ini, kata Ruseni, merupakan bagian dari inovasi Dinas Dukcapil Kapuas yaitu pelayanan perekaman KTP EL keliling langsung cetak yang sudah dilaksanakan mulai tahun 2014.

“Kemudian terus digalakkan sampai sekarang, karena Disdukcapil memahami jarak tempuh yang sangat jauh merupakan kendala terbesar yang dihadapi masyarakat untuk datang langsung ke Kantor Disdukcapil yang berada di Kota Kuala Kapuas,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (17/11).

Ruseni mengatakan pelayanan jemput bola ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat sampai di desa-desa terjauh untuk mempercepat cakupan kepemilikan KTP EL.

“Tentunya semua kepengurusan dokumen kependudukan gratis tanpa adanya pungutan biaya," pungkas Ruseni.



Komentar
Banner
Banner