jalan amblas

Jembatan Cipendawa Bekasi Amblas: Gegara Baut Konstruksi Dicuri!

Jembatan Cipendawa, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi amblas sedalam 10 centimeter.

Featured-Image
Jembatan Cipendawa Bekasi amblas sedalam 10 Cm gara-gara baut konstruksi dicuri. Foto: apahabar.com/Mae Manah

bakabar.com, BEKASI - Jembatan Cipendawa, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi amblas sedalam 10 centimeter. Hal itu diduga akibat sejumlah baut konstruksi dicuri.

“Sekitar 5-10 cm, tapi karena posisi geser kan bahaya makanya kemarin langkah kita koordinasikan dengan dishub dan lantas untuk penutupan sementara,” kata Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Idi Susanto, Jumat (26/1).

Idi menjelaskan, peristiwa itu terungkap dari laporan Unit Reaksi Cepat (URC) yang menyebut bahwa jembatan tersebut seringkali rusak meski telah berkali-kali diperbaiki.

“Setiap ada lubang di titik tersebut dibenerin turun lagi dibenerin turun lagi abis itu kita cek ke bawah ternyata benar ada beberapa baut yang sudah hilang dicuri orang tak bertanggung jawab sehingga menyebabkan turun,” jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Akses Rumah Pitung Amblas, Warga Khawatir Sepi Wisatawan Saat Lebaran

Idi menduga, pelaku mencuri sejumlah baut dengan menggunakan las. Sebab menurutnya, baut yang telah terpasang di jembatan tersebut sudah dipastikan kuat.

“Kalau baut kan sebenarnya sudah kuat ada kunci dengan dilas kalau identifikasi kami pelaku pencurian nya juga pakai las karena harus dipotong karena ada Bekas nya,” ucapnya.

Hampir separuh jembatan itu telah mengalami amblas. Idi menyebut, kondisi tersebut sangat mambah ya kan pengguna jalan.

“Untung saja tim URC kita cepat identifikasi masalah kalau kita gak cepat pengecekan bisa jadi kendaraan truk roboh bahaya sekali,” ujarnya.

Baca Juga: Jalan Amblas di Daan Mogot, Lalu Lintas Macet Parah

Idi mengatakan, pihaknya kini tengah memperbaiki jembatan tersebut. Targetnya, proses perbaikan selesai sekitar 3 - 4 minggu ke depan.

“Kita mulai penggantian bautnya kita angkat lagi posisikan ke semula baru kita pasang baut-baut nya. Baru setelah itu kita perbaiki jalan berlubang nya,” ujar Idi.

Editor


Komentar
Banner
Banner