Musim Haji 2023

Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Embarkasi Surabaya, Kemenag Jatim Soroti Barang Bawaan

Kemenag Jatim soroti koper jemaah haji yang langgar aturan terbang.

Featured-Image
Kemenag Jatim soroti koper jemaah hajyang langgar aturan. Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

bakabar.com, SURABAYA - Jemaah haji kloter pertama dari sejumlah kota di Jawa Timur tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya hari ini, Selasa (23/5). Kemenag Jatim soroti koper jemaah yang langgar aturan terbang.

Hari ini, ada 3 rombongan jemaah haji yang tiba di Embarkasi Surabaya. Yakni Kabupaten Bangkalan, Kota Madiun, dan Kota Surabaya.

Mereka tampak mengikuti pembekalan saat tiba di Asrama Haji. Lalu, pihak Angkasa Pura mengecek barang bawaan calon jemaah melalui X-Ray.

Pemeriksaan koper jemaah haji di Embarkasi Surabaya (23/5). Foto: bakabar.com/HanaaSeptiana
Pemeriksaan koper jemaah haji di Embarkasi Surabaya (23/5). Foto: bakabar.com/HanaaSeptiana

Saat pengecekan berlangsung, terlihat sebagian koper yang disisihkan. Kemenag Jatim mengatakan bahwa koper yang disisihkan itu terindikasi membawa barang yang di luar ketentuan, seperti power bank yang melebihi batas daya.

Baca Juga: 393 Calon Jemaah Haji Kota Tangerang Berangkat Menuju Asrama Bekasi

"Misalnya power bank yang lebih dari 10 ribu mAh. Jadi harus dibongkar dan diketahui jemaahnya," ujar Kepala Kemenag Kanwil Jatim, Husnul Maram kepada awak media di lokasi (23/5).

Husnul mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para jemaah haji terkait barang bawaan yang sesuai dengan ketentuan. Namun, sebagian jemaah masih belum memahami aturan tersebut.

"Terutama yang lansia ya," ungkap Husnul.

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Asal Garut Tiba di Asrama Bekasi, 35 Persen Berusia Lansia

Selain itu, Husnul mengatakan bahwa akan ada petugas pendamping lansia saat di tanah suci. Mereka akan bertugas mendampingi lansia yang rentan saat beribadah.

"Jumlahnya terbatas, jadi petugas akan mendampingi dan memfasilitasi jemaah haji lansia, misalnya saat lansia ingin ke masjid," ucap Husnul.

Rencananya, jemaah haji kloter 1 itu akan diberangkatkan menuju tanah suci dari Bandara Juanda Surabaya besok (23/5).

Editor
Komentar
Banner
Banner