News

Jemaah Calon Haji Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci Bertambah

apahabar.com, JAKARTA – Total 14 jemaah calon haji Indonesia wafat di Tanah Suci hingga, Senin (27/6)….

Featured-Image
Calon jemaah haji seusai menjalankan ibadah salat di Masjid Nabawi. Foto: Media Indonesia

bakabar.com, JAKARTA – Total 14 jemaah calon haji Indonesia wafat di Tanah Suci hingga, Senin (27/6). 6 di antaranya meninggal dunia di Makkah dan sisanya di Madinah.

Calon haji terakhir yang meninggal dunia adalah Samiran Mudjiono Kartoredjo (64) dari embarkasi Surabaya, serta Yuli Nurani Hidayah asal embarkasi Solo berusia 56 tahun.

“Sampai sekarang jumlah jemaah Indonesia yang wafat berjumlah 14 orang,” jelas juru bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Akhmad Fauzin, seperti dilansir CNN.

Selain meninggal dunia, sebanyak 87 calon haji lain dilaporkan sakit. 76 orang di antararanya ditangani Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), serta sisanya dirawat di rumah sakit.

Diketahui cuaca di Arab Saudi rata-rata 35 derajat celsius. Jemaah calon haji pun diimbau untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, serta tidak menunggu haus untuk minum dan makan tepat waktu.

Sementara Kepala Daerah Kerja Makkah, Muhammad Khalifah, menjelaskan bahwa jemaah calon haji yang meninggal dunia sebagian besar karena cardiovascular diseases atau penyakit jantung.

“Calon haji yang wafat itu sebagian besar karena penyakit jantung. Semoga ke depan jamaah calon haji sehat-sehat selalu,” papar Khalifah.

Sementara total jemaah calon haji reguler yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 72.092 orang. Sedangkan jemaah khusus yang sudah tiba berjumlah 3.015 orang.



Komentar
Banner
Banner