Sport

Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020, Dukungan Korea Terbelah

apahabar.com, JAKARTA – Duel Timnas Indonesia dengan Vietnam di Piala AFF 2020, Rabu (15/12) malam, mendapat…

Featured-Image
Pertemuan Indonesia dengan Vietnam di Piala AFF 2020 disebut menjadi Derby Korea, karena melibatkan Shin Tae-yong dan Park Hang-seo. Foto: Okezone

bakabar.com, JAKARTA – Duel Timnas Indonesia dengan Vietnam di Piala AFF 2020, Rabu (15/12) malam, mendapat perhatian khusus dari Korea Selatan.

Perhatian itu bukan tanpa sebab. Pertemuan ketiga Indonesia dengan Vietnam sepanjang 2021 ini, sekaligus ajang adu strategi dua pelatih dari Korea Selatan.

Bahkan media Korea Selatan, Dong-a Ilbo, menyebut Indonesia versus Vietnam merupakan Derby Korea. Tak sekadar derby, pertandingan ini diyakini akan berlangsung sengit.

Park Hang-seo sudah membawa Vietnam meraih dua kemenangan dan sementara memuncaki klasemen grup B. Di sisi lain, Shin Tae-yong juga sudah meraih dua kemenangan bersama Indonesia dan menempel ketat Vietnam.

Andai bisa saling mengalahkan, Indonesia atau Vietnam sudah dipastikan lolos ke semifinal. Satu pertandingan terakhir hanya akan menentukan posisi terakhir di klasemen.

Tidak hanya media, Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) melalui Wakil Direktur Komunikasi, Lee Hak-jin, juga memperhatikan duel Indonesia dengan Vietnam.

Namun Lee Hak-jin lebih subjektif, karena terang-terangan mendukung Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia untuk menjadi juara.

"Bukan Malaysia, melainkan Indonsia yang merupakan lawan paling tangguh Vietnam. Makanya Vietnam wajib berhati-hati ketika menghadapi Indonesia di bawah racikan Shin Tae-yong,” papar Lee Hak-jin seperti dilansir Okezone.

“Shin Tae-yong selalu berkeyakinan untuk memenangi Piala AFF 2020. Saya paham betul dengan kemampuan Shin Tae-yong dan saya yakin target juara bisa dicapai,” tandasnya.

Berkaca dari catatan pertemuan di level klub, terutama di K-League, Shin Tae-yong masih mendominasi Park Hang-seo.

Bersama Seongnam Ilhwa (sekarang Seongnam FC), Shin Tae-yong sudah 10 kali berhadapan dengan Park Hang-seo yang melatih Jeonnam Dragons maupun Sangju Sangmu sejak 2009 hingga 2012.

Hasilnya Shin Tae-yong berhasil membukukan 8 kemenangan, sekali seri dan hanya sekali menelan kekalahan.

Prestasi Shin Tae-yong sebagai pelatih klub juga mentereng. Selain pernah menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2918, pelatih 52 tahun ini mengantar Seongnam Ilhwa menjuarai Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA 2011.

Sedangkan prestasi Park Hang-seo sebagai pelatih klub hanya membawa Sanju Sangmu menjuarai K-League 2 atau setara Liga 2 di musim 2013 dan 2015.

Namun kehebatan Shin Tae-yong atas Park Hang-seo, belum teruji bersama Timnas Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Vietnam menggasak Garuda dengan empat gol tanpa balas.

Kekalahan itu terjadi dalam pertemuan kedua di kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G yang berlangsung 8 Juni 2021.

Indonesia tidak berkutik akibat gol-gol Nguyen Tien Linh di menit 51, Nguyen Quang Hai menit 62, Nguyen Cong Phuong menit 67 dan ditutup Vu Van Thanh menit 74.



Komentar
Banner
Banner