Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jelang Pilkada 2020, Bupati HST Ingatkan Warga Jaga Kamtibmas dan Prokes

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), HA Chairansyah mengingatkan warga agar menjaga keamanan dan…

Featured-Image
Pekan ke 189, Bupati dan jajarannya saat melaksanakan program Suling di Masjid As Shalihin Kayu Bawang Barabai HST, Jumat (6/11).Foto Prokom HST for apahabar.com.

bakabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), HA Chairansyah mengingatkan warga agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Bumi Murakata.

Pesan itu disampaikannya mengingat saat ini sudah memasuki tahapan Pilkada, Pilgub Kalsel dan Pilbup HST.

“Berbedaan pilihan pasti ada. Namun tetap jaga kerukunan bersama. Intinya kita semua punya kewajiban menjaga suasana tetap aman dan kondusif jalannya Pilkada 2020 serentak,” tutur Chairansyaah saat melaksanakan Program Subuh Keliling (Suling) di Masjid As Shalihin Desa Kayu Bawang Kecamatan Barabai, Jumat (6/11).

Chairansyah juga mengingatkan mengenai wabah yang saat ini masih berlanjut, Virus Corona.

Meski resiko penularan Covid-19 di HST sudah mengalami penurunan atau masuk zona oranye, Chairansyah berharap warga tetap taat protokol kesehatan (Prokes).

Dia juga berharap agar masyarakat dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru. Seperti sesering mungkin cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, memakai masker bila keluar rumah dan jaga jarak.

“Mudah-mudahan dengan penerapan Prokes, bisa menekan angka kasus Covid-19 di HST. Sehingga tidak ditemui lagi penderitanya. Mari bersama-sama berjuang melawan pandemi covid-19, kedisiplinan mematuhi Prokes untuk kebaikan kita bersama,” terang bupati.

Meski dalam suasana pandemi yang masih mewabah, bupati bersyukur masih bisa salat Subuh berjamaah dan bertatap muka dengan warga Kayu Bawang. “Alhmdulillah, semua sudah mematuhi Prokes,” tutup bupati.

Sebelumnya, program safari Suling yang melibatkan kerjasama Pemkab dengan Organisasi NU dan Muhammadiyah di HST ini sudah memasuki pekan ke-189.

Pimpinan Suling Barabai, H Thamrin menyampaikan, kegiatan Suling sempat terhenti karena pandemi yang melanda.

Suling yang biasa diisi dengan ceramah agama, lanjut Thamrin, kali ini diisi dengan sosialisasi Prokes Covid-19.

“Alhamdulillah kegiatan Suling bisa dilanjutkan dengan tetap patuhi Prokes pada pekan ke 189 ini,” tutup Thamrin.

Sementara itu, Direktur RSHD H.Damanhuri Barabai yang juga Tim Satgas Penanganan Covid-19 di HST, Dokter M Asnal, memaparkan bagaiman Covid-19 timbul, apa saja gejalanya hingga bagaimana memutus mata rantai penularannya.

Untuk memutus mata rantainya, lanjut Asnal, sudah kebijakam pemerintah agar menerapkan Prokes. Utamanya menggunakan masker.

Selain itu juga, hindari kerumanan, jaga jarak dan cuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun

“Penekanan kesadaran dan disiplin Prokes. Bersama-sama melawan Covid-19,” tutup Asbal.

Saat Suling, Bupati juga didampingi Sekretaris Dinkes, Kabag Kesra, Camat Barabai, unsur Kodim 1002/Barabai, Danramil Kec. Barabai, Babinsa, Pembakal Desa Kayu Bawang, Perkumpulan Bikers Subuhan Barabai dan Jemaah Mesjid As Shalihin Desa Kayu Bawang Kecamatan Barabai.

Komentar
Banner
Banner