Sport

Jelang Partai Penentu, Berikut Jalan Timnas Indonesia ke Putaran Final Piala Asia 2023

apahabar.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan melakoni partai penentu di kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Nepal,…

Featured-Image
Kekalahan dari Yordania sedikit mengurangi keuntungan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan melakoni partai penentu di kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Nepal, Rabu (15/6) dini hari. Kemenangan menjadi harga mati demi menjaga kans lolos ke putaran final.

Seusai dikalahkan Yordania dengan skor 0-1, Minggu (12/6), Indonesia berada di peringkat kedua klasemen grup A dengan nilai 3.

Timnas Indonesia ditempel Kuwait yang berada di posisi ketiga dengan poin sama, setelah mampu mengalahkan Nepal 4-1.

Sementara Yordania membuka peluang lolos lebih besar, karena memuncaki klasemen grup A dengan 6 poin. Dengan demikian, mereka hanya membutuhkan 1 poin lagi.

Sesuai regulasi kualifikasi Piala Asia, hanya 6 juara grup dan 5 negara berpredikat runner up terbaik yang berhak lolos ke putaran final.

Berikut skenario kelolosan Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023:

Menjadi Juara Grup

Kans Indonesia untuk memuncaki peringkat akhir grup terbilang sulit. Faktanya Saddil Ramdani cs harus meraih skor besar atas Nepal, sedangkan Kuwait hanya mampu menekuk Yordania dengan skor tipis.

Selisih gol tersebut akan menentukan, mengingat ketiga negara sama-sama mengemas 6 poin. Negara yang berhak memuncaki klasemen akan ditentukan klasemen mini antara Indonesia, Yordania dan Kuwait.

Seandainya Kuwait mampu mengalahkan Yordania dengan skor 2-1 saja, mereka akan melesat ke posisi teratas berkat produktivitas gol.

Sebaliknya Indonesia akan tertahan di peringkat ketiga klasemen, karena kemenangan atas kontestan juru kunci tidak dihitung dalam klasemen mini.

Peringkat Dua Terbaik

Andai gagal memuncaki grup, kesempatan lolos paling realistis untuk Indonesia adalah dengan menjadi runner up terbaik.

Artinya Garuda harus mengalahkan Nepal, sedangkan Yordania mengalahkan atau setidaknya bermain imbang melawan Kuwait.

Akan tetapi untuk masuk daftar 5 negara berpredikat runner up terbaik, Timnas Indonesia juga masih harus melihat grup lain.

Sekarang Indonesia masih menempati di urutan keenam dalam klasemen runner up terbaik. Thailand di posisi teratas dengan 6 poin dari grup C. Disusul Kirgistan dan India, juga dengan 6 poin.

Filipina menempati di peringkat keempat dengan 4 poin. Selanjutnya Malaysia yang sama-sama mengemas 3 poin, karena unggul selisih gol atas Indonesia.



Komentar
Banner
Banner