Piala AFF 2022

Jelang Laga Filipina vs Indonesia, STY Minta Timnas Maksimalkan Peluang

Shin Tae-yong meminta para anak asuhnya untuk memaksimalkan peluang yang tercipta menjadi gol di pertandingan terakhir grup A melawan Filipina pada Senin (2/1).

Featured-Image
Shin Tae-yong minta anak asuhnya tampil efektif memaksimalkan peluang saat melawan Filipina (Foto: Twitter @PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta anak asuhnya untuk memaksimalkan peluang yang tercipta saat melawan Filipina di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022.

“Saya memotivasi pemain agar bisa mencetak gol begitu mendapatkan peluang,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga seperti dilansir dari Antara, Minggu (1/1).

Lebih lanjut, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu mewanti-wanti anak asuhnya untuk tetap fokus dan berhati-hati saat melawan Filipina di laga terakhir.

“Namun, karena bermain di lapangan sintetis, kami harus fokus dan hati-hati agar tidak cedera,” jelas Shin Tae-yong.

Baca Juga: Jordi Amat Absen Lawan Filipina, STY Siapkan 2 Opsi Pengganti

Shin Tae-yong pun meminta Pratama Arhan cs untuk dapat memenangi pertandingan dan berbuat banyak gol ke gawang Filipina.

“Untuk mencetak banyak gol, pemain harus bekerja maksimal di lapangan. Akan tetapi, kadang keberuntungan juga berperan. Kami pun mesti melihat hasil pertandingan Thailand melawan Kamboja,” tuturnya.

Pasalnya, untuk menjadi juara Grup A, tim besutan Shin Tae-yong itu wajib menang besar demi melampaui selisih gol milik Thailand.

Andai tim Merah Putih berhasil meraih kemenangan di laga nanti, Pratama Arhan cs akan mendapatkan beberapa keuntungan di laga semifinal nantinya.

Jika skuat Garuda berhasil menjadi juara Grup A, mereka baru akan menjalani pertandingan pertama di babak semifinal pada 7 Januari 2023 mendatang melawan peringkat kedua Grup B.

Baca Juga: Filipina Vs Indonesia Digelar di Lapangan Rumput Sintetis, Spasojevic: Kami Harus Adaptasi Lagi

Kalau pun Indonesia menjadi runner-up Grup A, tim besutan Shin Tae-yong akan melakoni laga leg satu babak empat besar pada 6 Januari 2023 melawan juara Grup B.

Akan tetapi, Shin Tae-yong pun enggan untuk memilih-milih lawan ketika Timnas Indonesia berhasil meraih satu tempat di babak semifinal Piala AFF 2022.

“Saya tidak peduli mau bertemu siapa di semifinal, sang juara grup atau Malaysia dan Singapura,” tegas Shin.

“Saya hanya fokus pada pertandingan ini. Semua pertandingan seperti final, siapa yang terbaik nanti akan bertemu. Jadi, saya tidak berpikir untuk menghindari lawan,” katanya menambahkan.

Di sisi lain, Shin Tae-yong pun menyoroti soal kondisi lapangan Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput artifisial atau rumput sintetis.

Oleh karenanya, Shin pun mewanti-wanti pasukannya lantaran struktur rumput buatan yang berbeda dapat mendatangkan cedera.

Terlebih, kondisi lapangan dengan menggunakan rumput sintetis dapat berpotensi mengganggu pergerakan dan performa pemain di lapangan.

“Oleh sebab itu, kami mesti bermain maksimal sekaligus hati-hati [di laga melawan Filipina],” tutup Shin Tae-yong.

Tim Nasional Indonesia akan melakoni pertandingan terakhir di babak fase Grup A Piala AFF 2022 saat bersua dengan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1) besok, pukul 19.30 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner