Sport

Jelang Kroasia vs Brasil: Gol Cepat Bisa Menjadi Pembeda

Sebiji gol cepat diyakini dapat menjadi pembeda dalam pertemuan Kroasia dengan Brasil di perempat final Piala Dunia 2022, Jumat (9/12), pukul 23.00 Wita.

Featured-Image
Mengacu rekor pertemuan, banyak pihak yang menjagokan Brasil akan mudah menyingkirkan Kroasia di perempat final Piala Dunia 2022. Foto: Sports Keeda

bakabar.com, DOHA - Sebiji gol cepat diyakini dapat menjadi pembeda dalam pertemuan Kroasia dengan Brasil di perempat final Piala Dunia 2022, Jumat (9/12), pukul 23.00 Wita.

Pertandingan Kroasia versus Brasil tersebut digelar di Education City Stadium, live di SCTV, Indosiar, NEX Parabola dan live streaming di Vidio.

Kroasia yang merupakan runner up Piala Dunia 2018, cukup susah payah lolos dari adangan Jepang di babak 16 besar. Mereka membutuhkan adu penalti untuk menyingkirkan Blue Samurai.

Sedangkan Brasil sebagai salah satu favorit terkuat juara Piala Dunia 2022 mengeliminasi Korea Selatan di babak 16 besar dengan skor 4-1.

Uniknya catatan gol ke gawang Korea Selatan, melebihi jumlah gol yang dibukukan Brasil di fase grup. Tercatat Selecao cuma mampu mencetak 3 gol. Pun 4 gol itu dibukukan hanya selama 45 menit.

Catatan itu membuat Brasil dijagokan menang atas Kroasia. Pun dalam rekor pertemuan, pengoleksi gelar juara dunia terbanyak ini tidak pernah kalah dalam 4 pertemuan kontra Kroasia.

Namun demikian, Kroasia bukan lawan mudah. Bahkan dari beberapa penampilan terakhir di fase gugur Piala Dunia maupun Piala Eropa, Kroasia memiliki kemampuan unik.

Luka Modric cs mampu membawa pertandingan hingga extra time, bahkan adu penalti. Faktanya dari 11 pertandingan terakhir di Piala Dunia, Vatreni cuma kalah sekali di waktu normal.

Sementara di fase grup Piala Dunia 2022, kekuatan pertahanan menjadi kunci utama Kroasia yang cuma kebobolan 1 gol

Di sisi lain, Brasil yang ofensif agak terbilang kurang imbang di lini tengah. Imbasnya bek kanan yang dihuni Eder Militao menjadi salah satu titik lemah Brasil ketika melawan Korea Selatan.

Situasi tersebut bisa dimanfaatkan gelandang Kroasia semacam Modric, Marcelo Brozovic dan Mateo Kovacic. Itu belum termasuk Ivan Perisic yang kerap mengejutkan lewat serangan balik.

Brasil diyakini dalam posisi berbahaya, ketika tertinggal lebih dulu. Inilah yang membuat pelatih Tite menginginkan agar Brasil mencetak gol cepat.

"Kami ingin mencetak gol dengan cepat, sehingga bisa merasa lebih nyaman," cetus Tite seperti dikutip dari The Guardian.

"Kroasia memiliki kualitas individu, kolektif, ketangguhan dan kegigihan. Kami sadar dengan kelebihan-kelebihan mereka, sehingga kami pun harus menjaga standar," imbuhnya.

Kroasia sendiri tidak mengalami kendala dalam menyusun starting eleven. Sedangkan Brasil akan minus Gabriel Jesus, Alex Telles dan Alex Sandro yang mengalami cedera minor.

Editor


Komentar
Banner
Banner