Pemkab Barito Kuala

Jelang Keberangkatan, Calon Jemaah Haji Batola Ikuti Manasik Pembuka

Menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, calon jemaah haji asal Barito Kuala (Batola) mengikuti manasik massal di Masjid Nurul Anwar Marabahan, Kamis (18/4).

Featured-Image
Mewakili Penjabat Bupati Batola, Sekdakab Zulkipli Yadi Noor membuka manasik calon jemaah haji di Masjid Nurul Anwar Marabahan. Foto: Diskominfo Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, calon jemaah haji asal Barito Kuala (Batola) mengikuti manasik massal di Masjid Nurul Anwar Marabahan, Kamis (18/4).

Kegiatan tersebut merupakan sesi perdana dari semua rangkaian manasik yang harus diikuti seluruh calon jemaah haji.

Penjabat Bupati Batola yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Zulkipli Yadi Noor, berkesempatan membuka manasik perdana.

"Manasik merupakan salah satu persiapan yang penting diikuti setiap jemaah, terutama memberikan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji," papar Zulkipli.

Adapun manasik diikuti seluruh calon jemaah haji yang berjumlah 207 orang. Mereka terdiri dari 202 jemaah reguler, ditambah 5 petugas haji dari Kemenag dan Dinas Kesehatan.

"Selanjutnya manasik akan dilaksanakan sebanyak delapan kali di Kecamatan Marabahan dan Alalak," jelas HM Abda’i Rathami, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Batola.

Manasik di Marabahan dipusatkan di Kubah Datu Abdussamad dengan peserta dari Marabahan, Bakumpai, Barambai, Kuripan, Wanaraya, Rantau Badauh, dan Cerbon.

Sedangkan manasik di Alalak digelar di Kompleks Handil Bakti Indah dengan peserta dari Alalak, Tamban, Tabunganen, Anjir Muara, Anjir Pasar, Belawang dan Mandastana.

Di sisi lain, proses persiapan keberangkatan calon jemaah haji asal Batola tinggal merampungkan permohonan visa.

"Sementara medical check up tahap pertama sudah selesai semua. Demikian pula tes kebugaran," beber Abda’i.

"Tersisa tes kesehatan tahap akhir yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin di Asrama Haji," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner