News

Jelang Imlek 2023, Omset Pedagang Bandeng di Rawa Belong Menurun

Omzet Penjualan Ikan Bandeng Di Rawa Belong Diketahui Menurun dan Dikeluhkan para pedagang.

Featured-Image
Omzet Penjualan Ikan Bandeng Rawa Belong dalam perayaan Imlek 2023, dikabarkan menurun, Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA - Perayaan Imlek dalam adat Betawi identik dengan penjualan ikan bandeng berukuran besar yang dipajang di pinggir jalan kawasan Rawa Belong, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Namun dalam perayaan Imlek 2023, beberapa pedagang ikan bandeng mengatakan adanya penurunan Omzet dibanding tahun tahun sebelumnya.

Aminuddin (55) seorang pedagang ikan bandeng musiman yang selalu menjajakan dagangannya tiap tahun mengatakan omzet penjualan ikan bandeng di tahun 2023 ini menurun cukup jauh hingga sebanyak 50 persen dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini agak merosot jauh, omzet turun 50 persen, sekarang kurang rame,” ujar Amin di Rawa Beling Jakarta Barat, Kamis (19/01).

Baca Juga: Harga Cabai hingga Daging di Pasar Naik, Omzet Pedagang Malah Menurun

Amin mengatakan pasar ikan bandeng dadakan hanya ada setahun sekali. Setiap menjelang Imlek, dalam budaya Betawi secara turun-temurun, penjualan ikan Bandeng sudah dilakukan sejak dahulu.

"Bandengnya khusus yang besar-besar dibeli dari tempat pelelangan ikan Muara Angke. Kebanyakan orang Betawi yang beli borongan, orang China-nya justru satu atau dua (saja) yang beli," ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan pedagang ikan bandeng lainnya yang bernama Fahmi (47), yang juga mengatakan penjualan ikan bandeng tahun ini tidak seramai tahun tahun sebelumnya.

"Tahun kemarin ramai, biasanya di atas Rp5 juta sehari. Tahun ini jualan sudah dua hari dari kemarin Rabu masih sepi omset, cuma Rp1,5 juta," ujarnya.

Baca Juga: Sedih, Libur Nataru Belum Dongkrak Omzet Pedagang di Tanah Abang

Fahmi yang sehari harinya merupakan pedagang kelontong, beralih menjadi pedagang ikan bandeng musiman hanya di saat perayaan Imlek.

“Aslinya saya pedangan kelontong, ini musiman aja buat nyari tambahan (penghasilan).” ujarnya.

Diketahui lokasi penjualan ikan bandeng musiman perayaan Imlek, berlokasi tidak jauh dari Pasar Bunga Rawa Belong. Para calon pembeli dan juga pengguna jalan akan langsung melihat puluhan lapak pedagang ikan bandeng yang berjejer di sisi jalan.

Terlihat juga beberapa pembeli ada yang satu atau dua ekor ikan, dan ada juga yang memborong puluhan ekor ikan yang dimasukkan ke dalam kotak styrofoam besar.

Editor


Komentar
Banner
Banner