Sport

Jelang Final Piala AFF 2020: Pratama Arhan Absen, Thailand Tanpa Bunmathan

apahabar.com, JAKARTA – Menjelang leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12), Timnas Indonesia dan Thailand…

Featured-Image
Aksi Pratama Arhan (bawah) ketika Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di pertandingan fase grup Piala AFF 2020. Foto: Skaana

bakabar.com, JAKARTA – Menjelang leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12), Timnas Indonesia dan Thailand kehilangan satu pemain pilar.

Thailand lolos ke final Piala AFF 2020 dengan menyingkirkan Vietnam lewat skor agregat 2-0, setelah bermain imbang tanpa gol di semifinal leg kedua, Minggu (26/12).

Sedangkan Indonesia lolos ke final, setelah menyingkirkan Singapura dengan skor agregat 5-3 berkat kemenangan 4-2 di leg kedua semifinal, Sabtu (25/12).

Namun dua leg semifinal sedikit menggerus kekuatan kedua negara. Timnas Indonesia, misalnya. Dipastikan minus Pratama Arhan dalam leg pertama final.

Bek yang sudah mencetak 2 gol di Piala AFF 2020 tersebut terkena akumulasi kartu kuning. Salah satu kartu kuning Pratama diterima di leg kedua semifinal.

“Pratama Arhan tidak bisa tampil di leg pertama, karena akumulasi kartu kuning,” jelas asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, seperti dilansir BolaSport.com, Senin (27/12).

“Secara umum kondisi pemain baik. Rachmat Irianto juga telah pulih dari cedera di bagian bahu,” imbuhnya.

Patut ditunggu pemain pilihan pelatih Shin Tae-yong untuk menggantikan peran Pratama Arhan.
Sebelumnya ketika bek PSIS Semarang itu cedera melawan Kamboja di penyihan grup, Shin Tae-yong memasukkan Edo Febriansyah.

Selain Edo Febriansyah, pemain lain di posisi yang sama dengan Pratama Arhan adalah Rizki Dwi Febrianto.

Shin Tae-yong juga mungkin menggeser Alfeandra Dewangga ke pos bek kiri. Sebelumnya bek tengah ini sempat dijadikan sebagai gelandang bertahan, ketika Timnas Indonesia melawan Malaysia.

Sementara stok bek tengah yang ditinggalkan Alfreandra terbilang banyak. Mulai dari Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, hingga Elkan Baggott.

Tidak cuma Indonesia yang kehilangan seorang pemain pilar. Thailand juga tak bisa memainkan Theerathon Bunmathan di leg pertama final.

Pemain yang fasih beroperasi sebagai bek kiri itu juga terkena akumulasi dua kartu kuning. Pemain Yokohama Marinos ini sendiri sudah tampil dalam 4 pertandingan dari fase grup hingga semifinal.



Komentar
Banner
Banner