Olahraga

Japan Open 2023: Tumbangkan Pebulutangkis India, Jonatan Christie Melaju ke Final

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie maju ke final Japan Open 2023 usai mengalahkan pebulutangkis India Lakshya Sen dengan 21-15, 13-21, 21-16 di babak semi

Featured-Image
Jonatan Christie. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie maju ke final Japan Open 2023 usai mengalahkan pebulutangkis India Lakshya Sen dengan 21-15, 13-21, 21-16 di babak semifinal.

Dalam pertandingan di Yoyogi Gymnasium, Tokyo, Jepang, Sabtu (29/7) siang WIB, Jojo yang merupakan unggulan kelima menjalani pertemuan ketiganya dengan Lakshya Sen, yang di Japan Open 2023 berpredikat non-unggulan.

Dari dua pertemuan sebelum ini, Jonatan dan Lakshya Sen sama-sama mengantongi satu kemenangan.

Di atas lapangan pada awal gim pertama, Jonatan Christie langsung terlibat persaingan cukup alot dalam berebut poin dengan Lakshya Sen. Jojo sempat tertinggal, menyamakan di kedudukan 4-4, tapi kemudian dipaksa lawan dalam posisi mengejar lagi.

Jonatan Christie lalu berhasil merangkai empat poin berturut-turut untuk berbalik unggul atas lawannya pada kedudukan 8-7. Lakshya Sen tak tinggal diam dan langsung memberikan perlawanan lebih alot, membuat perebutan poin bertambah sengit. Jojo ketinggalan 9-11 saat interval gim pertama.

Baca Juga: Kejutan Japan Open 2023, Gregoria Mariska ke Semifinal Singkirkan Akane Yamaguchi

Jojo kembali bangkit usai interval. Lima poin beruntun diraihnya, untuk mengejar dan berbalik memimpin 16-21 atas Lakshya Sen. Rentetan poin Jonatan sempat terhenti, tapi kemudian ia tancap gas lagi untuk merebut gim pertama semifinal tunggal putra Japan Open 2023 ini dengan 21-15.

Di gim kedua, perebutan poin di antara Jojo dengan Lakshya Sen masih berjalan sama sengitnya seperti di gim pertama. Tapi selepas imbang 3-3, Lakshya Sen perlahan terus menjauhi poin Jonatan, bahkan unggul 11-4 saat interval usai mendulang enam poin beruntun.

Selepas interval, Lakshya Sen relatif masih pegang kendali ritme permainan di tengah usaha Jojo yang terus berusaha memperkecil ketinggalan. Gim kedua jadi milik si pebulutangkis India dengan 21-13. Partai perebutan tiket final tunggal putra ini harus dituntaskan lewat gim ketiga.

Seperti pada dua gim sebelumnya, langsung hadir persaingan alot berebut angka. Jojo dan Lakshya Sen saling salip memperebutkan poin-poin awal di gim penentu ini. Jonatan Christie berhasil unggul 11-7 pada saat interval gim ketiga.

Usai interval, Jonatan Christie terus menjaga keunggulan atas lawan. Kemenangan akhirnya ia catatkan dengan skor 21-16. Jojo berhak atas tiket final usai mengalahkan Lakshya Sen dalam partai 66 menit tersebut. Untuk lawannya di partai puncak, Jojo akan menunggu pemenang dari unggulan pertama Viktor Axelsen asal Denmark vs unggulan keempat Kodai Naraoka (Jepang).

Editor


Komentar
Banner
Banner