Nasional

Jangkau Warga Pesisir-Kepulauan, Kotabaru Siapkan 4 Ambulans Laut

Pemkab Kotabaru baru saja menyediakan sarana ambulans laut untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi warga yang tinggal di wilayah pesisir dan kepulauan.

Featured-Image
Empat ambulans laut disiapkan untuk menjangkau layanan warga pesisir hingga kepulauan. Foto : Diskominfo Kotabaru untuk apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU - Pemkab Kotabaru baru saja menyediakan sarana ambulans laut untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi warga yang tinggal di wilayah pesisir dan kepulauan.

Ambulans laut disiapkan untuk empat Puskesmas di kecamatan, khususnya wilayah pesisir dan kepulauan yaitu Puskesmas Marabatuan, Puskesmas Tanjung lalak, Puskesmas Tanjung samalantakan dan Puskesmas Pudi.

Empat ambulans laut itu secara resmi diserahkan oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar, disaksikan Kadis Kesehatan Kotabaru, Direktur RS Sambang Lihum Kalsel, serta sejumlah Kepala SKPD.

Bupati Sayed Jafar, mengatakan pengadaan alat atau transportasi kesehatan berupa ambulance laut diharapkan dapat mendukung layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik.

Layanan kesehatan dapat menjangkau hingga ke pelosok desa, dan warga mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

Dikatakannya pula, ambulans laut merupakan sarana pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kondisi geografis Kotabaru.

"Jadi, ambulans laut ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat masih adanya kendala transportasi bagi pasien dari kecamatan jika harus dirujuk ke rumah sakit," imbuh Bupati.

Selain itu, Sayed Jafar juga menaruh harapan ihwal kehadiran ambulans laut dapat membantu peningkatan dan kecepatan layanan kesehatan bagi warga yang pada gilirannya akan mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat Sa Ijaan.

"Kehadiran ambulans laut ini tidak ada lagi masyarakat di daerah kepulauan yang kesulitan untuk dibawa ke rumah sakit rujukan guna mendapatkan layanan kesehatan lanjutan," harapnya.

Terakhir, Bupati meminta kepada camat dan Kepala Puskesmas yang mendapatkan ambulans laut dapat menjaga dan merawat sebaik mungkin agar dapat bermanfaat jangka panjang.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak, menambahkan pengadaan ambulans laut melalui dana DAK Kementrian Kesehatan sebanyak empat unit.

"Kedepannya akan kita perjuangkan kembali untuk daerah yang dinilai sulit dijangkau melalui transportasi darat juga bisa mendapatkan ambulans laut yang sama," tutur Erwin, Jumat (29/9).

Baca Juga: Pria di Pulau Laut Tanjung Selayar Kotabaru Ditemukan Tewas Gantung Diri

Editor


Komentar
Banner
Banner