Sport

Jangan Sampai Terlewat, Catat Jadwal Live Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jangan sampai terlewat jadwal pertandingan Timnas Indonesia kontra Irak di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Featured-Image
Pemain Timnas Indonesia melakukan latihan jelang melawan Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (5/6). Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Jangan sampai terlewat jadwal pertandingan Timnas Indonesia kontra Irak di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Matchday kelima dari total enam pertandingan di grup F tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6).

Kendati sudah lama ditunggu, bukan tidak mungkin banyak penggemar sepakbola yang terlewat menyaksikan pertandingan secara langsung melalui layar televisi.

Penyebabnya jadwal duel Timnas Indonesia kontra Irak sedikit kurang lazim. Kalau biasanya digelar malam hari, maka salah satu partai penentu ini dilangsungkan mulai pukul 17.00 Wita.

Sesuai dengan rencana, pertandingan tersebut akan disiarkan langsung oleh RCTI dan layanan streaming Vision+.

Terdapat alasan khusus dibalik pemilihan jadwal berbeda. Berdasarkan analisis pelatih Shin Tae-yong, pemain dari Timur Tengah seperti Irak tidak tahan dengan cuaca panas dan lembab.

Alasan itulah yang membuat training match Indonesia kontra Tanzania, Minggu (2/6), juga dimulai pukul 17.00 Wita.

Strategi non teknis tersebut tampaknya harus dilakukan, mengingat Irak masih menjadi momok Indonesia. Dalam dua pertemuan terakhir, Garuda selalu menelan kekalahan.

Indonesia dipecundangi Irak dengan skor 1-5 di pertemuan pertama kualifikasi Piala Dunia 2026. Disusul kekalahan 1-3 di fase grup Piala Asia 2023.

Pun dalam ranking FIFA, Irak menempati peringkat 58 atau unggul jauh atas Indonesia yang hanya menempati urutan 134.

"Memang secara peringkat FIFA, Indonesia dan Irak berbeda jauh. Namun saya berharap pemain semestinya menikmati saja pertandingan daripada takut," tegas Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu (5/6).

"Kami sudah kompak dengan level permainan yang meningkat. Saya meyakinkan kami bisa menunjukkan bahwa peringkat FIFA hanya angka," tegasnya.

Indonesia sendiri menduduki posisi kedua di klasemen sementara grup F dengan 7 tujuh poin, atau tertinggal 5 poin dari Irak di puncak klasemen.

Situasi tersebut membuat Indonesia hanya memerlukan satu kemenangan dari dua pertandingan tersisa untuk mengamankan tiket ke putaran ketiga kualifikasi.

Setelah bertanding melawan Irak, Indonesia akan memainkan pertandingan terakhir fase grup putaran kedua melawan Filipina, Selasa (11/6) mendatang.

Untuk melawan Filipina, Indonesia sudah bisa diperkuat Calvin Verdonk kontra Filipina. Sementara kontra Irak, pemain yang baru menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) ini belum bisa diturunkan.

Demikian pula situasi Jay Idzes. Diketahui pemain yang baru mengantar Venezia promosi ke Serie A Liga Italia ini baru tiba di Jakarta, Rabu (5/6).

Baca Juga: Arungi Kualifikasi Piala Dunia 2026, PSSI Panggil 13 Pemain Abroad

Baca Juga: Jelang Lawan Irak, Indonesia Ditahan Tanzania di Training Match

Editor


Komentar
Banner
Banner