Peristiwa & Hukum

Jangan Sampai Kena Tilang, 3 Titik di Balangan Sudah Terpasang E-TLE

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mulai aktif.

Featured-Image
E - TLE Sudah Terpasang dan Aktif Di Bundaran Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel. (Foto : bakabar.com/Hendry)

bakabar.com, PARINGIN - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, sudah terpasang.

Kapolres Balangan AKPB Riza Muttaqin melalui Kasatlantas Polres Balangan Iptu Simon menyampaikan E-TLE sudah aktif dan terpasang 3 titik di Kabupaten Balangan.

“E-TLE sudah aktif dan sudah terpasang sebanyak tiga titik yaitu di Bundaran Paringin, depan Masjid Al-Akbar dan di depan Kantor Kecamatan Batumandi,” kata Kasatlantas Polres Balangan, Iptu Simon Jumadi kepada bakabar.com, Selasa (20/8) malam.

Kasat Lantas menyebutkan jenis pelanggaran yang akan ditilang melalui E-TLE di antaranya adalah untuk pengendara roda dua yang tidak memakai helm, tidak memakai spion, serta plat motor yang mati.

Simon melanjutkan, kemudian untuk pengendara roda empat yaitu sopir maupun penumpang yang tidak memakai sabuk pengaman serta nomor polisi atau plat yang mati.

Selain itu Simon menerangkan saat ini pelaksanaan tilang belum diberlakukan, karena masih belum terintegrasi ke sistem Koorlantas Polri dan menunggu peluncuran bersama empat kabupaten lainnya di Kalimantan Selatan.

“Sementara belum diberlakukan penilangan, kita masih menunggu arahan dari Koorlantas Polri untuk peluncuran E-TLE ini dengan kabupaten lain pada tahun ini juga,” terang Simon.

Kasat Lantas menambahkan, ke depan nanti akan dicoba dihubungkan dengan kamera pengawas milik Pemkab Balangan agar nantinya memudahkan pihaknya dalam mengawasi bersama kalau misal ada terjadi kecelakaan atau pencurian.

Terakhir Simon mengimbau kepada seluruh masyarakat Balangan setelah ada E-TLE ini, masyarakat pengguna arus lalu lintas roda dua maupun empat kalau keluar dari rumah harus membawa kelengkapan kendaraannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner