pasar murah

Jaga Stabilitas Harga, DisperindagkopUKM Magelang Gelar Pasar Murah

Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DisperindagkopUKM) Kabupaten Magelang menggelar Pasar Murah.

Featured-Image
Pasar Murah Kabupaten Magelang, Selasa 12 April 2023 (DOK. ARIMBIHP)

bakabar.com, JAKARTA - Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DisperindagkopUKM) Kabupaten Magelang menggelar Pasar Murah. Kegiatan dipusatkan di halaman Disperindagkop UKM pada Selasa 11 April 2023 hingga Kamis 13 April 2023 sejak pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Tim Analisis Perdagangan Tri Handayani (40) menjelaskan, Pasar Murah diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari arahan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang Idulfitri.

"Kami juga menggandeng Bulog dan Kelompok Tani untuk menyediakan bahan pokok seperti beras, minyak, daging dan sayur mayur," kata Tri saat ditemui bakabar.com, Rabu (12/4).

Lebih lanjut, Tri menuturkan, semua bahan pokok yang dijual di Pasar Murah dipastikan dibanderol di bawah harga standar.

Baca Juga: Sambangi Pasar Murah Cilincing, Mendag Zulhas Pastikan Harga Pangan Murah

Aneka bahan pokok di Pasar Murah Kabupaten Magelang. (dok. Arimbihp)
Aneka bahan pokok di Pasar Murah Kabupaten Magelang. (dok. Arimbihp)

"Misalnya beras kita jual ada yang medium ada yang premium, Rp54.000, lalu MinyaKita Rp13.000, daging sapi Rp80.000 dan daging kerbau Rp90.000," paparnya.

Terkait sistem pembeliannya, Tri mengaku tidak dikhususkan untuk warga Kabupaten Magelang saja, selama persediaan masih ada. "Pembeliannya maksimal 2 kantong untuk beras (10kg), lainnya 2 kg," imbuh Tri.

Menurut Tri, hingga hari ini, bahan pokok yang paling cepat habis diburu masyarakat adalah beras dan minyak goreng.

"Kalau jumlah ketersediaannya tidak kami batasi, yang diatur pembeliannya. Dipastikan stok aman dan tidak ada kelangkaan atau lonjakan harga selama momen Lebaran 2023," tegasnya.

Baca Juga: Dana Asing Banjiri Pasar Saham Indonesia, Mirae Ungkap Alasannya

Selain bahan pokok, Tri mengungkapkan, pihaknya juga menggandeng aneka UKM di sekitar Kabupaten Magelang untuk membuka stand atau lapak selama Pasar Murah.

"Jenisnya beranekaragam, ada makanan kering, minuman seduh, pakaian sampai handycraft, sudah diumumkan jauh-jauh hari lewat pamflet, UKM nya daftar ke kami untuk buka stand," jelas Tri.

Tri mengakui, antusiasme pengunjung Pasar Murah mulai terlihat sejak pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

"Di luar jam itu melandai lagi, semua yang diperlukan saat Lebaran kami sediakan untuk dibeli di Pasar Murah ini," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner