Kalsel

Jaga Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid-19, Kotabaru Bikin Terobosan Baru

apahabar.com, KOTABARU – Menjaga stabilitas ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 menjadi atensi tersendiri bagi Pemerintah…

Featured-Image
Bupati Sayed Jafar, didampingi Ketua TP PKK Kotabaru, Hj Fatma, dan Kadistan Kotabaru saat memanen sayuran hidroponik. Foto-apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU – Menjaga stabilitas ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 menjadi atensi tersendiri bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kotabaru, Kalimantan Selatan. Bahkan, Dinas Pertanian setempat membuat terobosan baru dengan pemanfaatan pekarangan sebagai wahana pengembangan atau budidaya tanaman hidroponik.

Inisiatif itu spontan disambut hangat Bupati Sayed Jafar dan ketua TP PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana. Sayed menginginkan terobosan positif tersebut segera disosialisasikan kepada masyarakat di kecamatan dan desa.

“Ini contoh yang sangat baik. Hari ini kita panen sayuran hidroponik. Ini bisa diikuti semua masyarakat Kotabaru. Itu supaya ketahanan pangan kita aman,” ujar Sayed Jafar, Rabu.

Sementara, Fatma Idiana mengatakan pihaknya terus bersinergi dengan Dinas Pertanian guna mengembangkan tanaman hidroponik.

“Cara pengembangan tanaman hidroponik akan terus kami sampaikan ke masyarakat. Sebab, itu sangat bermanfaat bagi ketahanan masyarakat. Bebas bahan kimia, sekaligus menambah penghasilan rumah tangga,” tutur Fatma.

Di lain pihak, Hairudin, Kepala Dinas Pertanian mengatakan panen sayuran hidroponik guna memberikan motivasi kepada masyarakat. Khususnya, mereka yang tidak memiliki lahan.

“Pengembangan hidroponik ini metode yang cukup baik. Tidak perlu lahan luas, tapi masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur,” ujar Hairudin mengakhiri.

Reporter: Masduki
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner