DPRD Palangka Raya

Jaga dari Kepunahan, Dewan Palangka Raya Dorong Pemerintah Berperan dalam Pelestarian Ikan Lokal

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalteng, Nenie A Lambung mendorong pemerintah setempat untuk berperan dalam pelestarian ikan-ikan lokal.

Featured-Image
Ikan Baung. Foto: Net

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalteng, Nenie A Lambung mendorong pemerintah setempat untuk berperan dalam pelestarian ikan-ikan lokal.

Hal itu, menurutnya agar ikan-ikan endemik Kalteng tetap terjaga perkembangbiakannya di alam pada masa-masa akan datang.

"Kami mendorong pelestarian ikan lokal seperti ikan baung, ikan gabus, toman, dan ikan-ikan lainnya sehingga tetap terjaga kelestariannya di alam," ujar Nenie di Palangka Raya, Rabu (21/6/2023) dilansir Antara.

Menurut Ketua Komisi A tersebut, pelestarian beragam jenis ikan, terutama ikan air tawar yang merupakan ikan endemik perairan Kalimantan Tengah sudah semestinya dilakukan sehingga tidak terancam punah di masa mendatang.

"Banyak yang bisa dilakukan sebagai upaya pelestarian ikan lokal, seperti pelepasan ikan lokal ke alam, atau memberikan bantuan bibit ikan kepada para pembudidaya, sehingga potensi ikan lokal tetap terjaga di alam dan di pasaran," kata Nenie.

Nenie menjelaskan, kalau tidak ada upaya pelestarian ikan lokal, tentu tidak menutup kemungkinan akan terjadi kepunahan. Akibatnya, generasi penerus nantinya tidak mengetahui jenis ikan lokal yang sempat berkembang bahkan menjadi kegemaran masyarakat saat mengonsumsi.

"Saat ini saja ada beberapa jenis ikan lokal mulai susah kita temui entah itu di alam atau di pasaran, beberapa ikan lokal tersebut, seperti ikan tapah, ikan pipih, dan ikan lainnya," ucapnya.

Selain itu juga, politisi dari PDI Perjuangan tersebut mengingatkan agar masyarakat ikut berperan dalam pelestarian ikan lokal dengan tidak melakukan tindakan yang bisa merusak ekosistemnya.

"Sama-sama menjaga, hindari tindakan yang bisa merusak ekosistemnya seperti penyetruman, meracun, menjual anak-anak ikan untuk konsumsi, dan lainnya," ucapnya.

Ditambahkannya, pelestarian ikan terutama ikan lokal juga salah satu upaya dalam mendukung gerakan gemar makan ikan yang telah menjadi program nasional guna mendorong peningkatan konsumsi ikan.

"Ini merupakan tanggung jawab bersama dalam pelestarian ikan-ikan lokal yang ada di daerah kita, jangan hanya bernilai ekonomi tinggi, kita lupa akan pentingnya menjaga kelestarian ikan tersebut," tandas Nenie.

Editor


Komentar
Banner
Banner