Sport

Jadwal MotoGP Amerika Serikat 2021: Kans Marc Marquez Menang Lagi

apahabar.com, JAKARTA – Punya rekor apik, Marc Marquez termasuk pebalap yang diunggulkan memenangi MotoGP Amerika Serikat…

Featured-Image
Mencatat kemenangan beruntun mulai 2013 hingga 2018, Marc Marquez mengalami kecelakaan dalam balapan terakhir di Circuit of The Americas. Foto: Okezone

bakabar.com, JAKARTA – Punya rekor apik, Marc Marquez termasuk pebalap yang diunggulkan memenangi MotoGP Amerika Serikat 2021 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Senin (4/10) dini hari.

COTA pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP Amerika Serikat sejak 2013, setelah menggantikan balapan di Indianapolis Motor Speedway dan Sirkuit Laguna Seca.

Tercatat hanya dua pembalap aktif yang dominan di COTA. Salah satunya Marc Marquez dengan enam kemenangan yang diperoleh secara beruntun mulai 2013 hingga 2018.

Namun di MotoGP Amerika Serikat 2019, Marc Marquez gagal finis akibat terjatuh, kendati memulai balapan di posisi terdepan.

Pemenang MotoGP Amerika Serikat 2019 adalah Alex Rins. Pebalap Suzuki Ecstar ini mengungguli Valentino Rossi dan Jack Miller di jajaran tiga teratas.

Malah pebalap 26 tahun tersebut memiliki kemenangan di semua kelas, yakni MotoGP 2019, Moto2 2016 dan Moto3 2013.

Sedangkan di musim 2020, COTA tidak menggelar balapan MotoGP Amerika Serikat karena pandemi Covid-19.

MotoGP Amerika Serikat 2021 juga menjadi tantangan tersendiri untuk Fabio Quartararo yang menjadi pemimpin klasemen sementara MotoGP 2021.

Setelah hanya finis kedua dalam balapan sebelumnya di San Marino, Fabio Quartararo hanya unggul 40 poin atas Francesco Bagnaia di peringkat kedua klasemen.

Mengingat MotoGP 2021 menyisakan empat seri lagi, Fabio Quartararo masih mungkin ditelikung Francesco Bagnaia.

Berkaca dari hasil 2019, Ducati berpotensi besar meraih kemenangan lagi, seandainya Marc Marquez tampil memble.

Dalam jajaran sepuluh besar hasil MotoGP Amerika Serikat, empat di antaranya adalah penunggang Ducati.

“Fabio Quartararo adalah pembalap tercepat dan mampu beradaptasi dengan semua kondisi tunggangan,” papar Marc Marquez seperti dilansir BolaSport, Senin (27/9).

“Namun sebenarnya Yamaha tidak lebih kompetitif Ducati. Pebalap Ducati bisa dengan mudah mengerem, lalu keluar dari tikugan seperti roket,” imbuhnya.

Rangkaian MotoGP Amerika Serikat dimulai, Jumat (1/10) dengan sesi latihan bebas pertama (FP1). Sementara balapan dijadwalkan, Senin (4/10) mulai pukul 03.00 Wita.



Komentar
Banner
Banner