Sport

Jadwal Live Timnas Indonesia vs Thailand: Saatnya Merusak Asa Gajah Perang

apahabar.com, JAKARTA – Sekalipun Indonesia tak lagi berkepentingan di kualifikasi Piala Dunia 2022, pelatih Shin Tae-yong…

Featured-Image
Dari 58 pertemuan di berbagai kompetisi, Timnas Thailand memiliki keunggulan head to head atas Timnas Indonesia. Foto: Medcom

bakabar.com, JAKARTA – Sekalipun Indonesia tak lagi berkepentingan di kualifikasi Piala Dunia 2022, pelatih Shin Tae-yong menargetkan kemenangan atas Thailand, Jumat (3/6).

Timnas Indonesia melawan Thailand dalam lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab.

Disiarkan langsung SCTV mulai pukul 00.45 Wita, pertandingan ini sebenarnya tak berpengaruh apapun untuk Timnas Indonesia, seiring lima kekalahan di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun hal tersebut tak berarti Timnas Indonesia bakal bermain tanpa misi. Garuda Khatulistiwa masih butuh kemenangan demi posisi yang lebih baik agar terhindar dari play off kualifikasi Piala Asia.

Di sisi lain, pertandingan ini menjadi indikator penguji racikan Shin Tae Yong. Seperti diketahui pelatih dari Korea itu belum pernah merasakan kemenangan di level senior Timnas Indonesia.

“Untuk pertandingan kedepan, kami wajib mendapatkan kemenangan. Sejujurnya saya melihat harapan itu dan kami datang untuk bermain maksimal,” tegas Shin Tae-yong seperti dilansir CNN, Rabu (2/6).

Kemenangan Indonesia juga bakal merusak asa Thailand yang masih berpeluang lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sekarang Si Gajah Perang menghuni peringkat ketiga Grup G dengan nilai 8. Sedangkan Vietnam di pucuk klasemen dengan nilai 11 poin, disusul Malaysia 9 poin dan Uni Emirat Arab 6 poin.

Dalam aturan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, juara tiap grup lolos ke babak ketiga. Demikian pula empat runner up terbaik dari delapan grup.

Babak ketiga kualifikasi sendiri berisi 12 negara yang dibagi menjadi dua grup. Selanjutnya juara dan runner up di masing-masing grup langsung lolos ke Piala Dunia.

Sedangkan peringkat ketiga masing-masing grup akan bertarung memperebutkan tiket play off.

Guna meredam Thailand yang kerap menyusahkan Indonesia di berbagai pertemuan, Shin Tae-yong akan memasang Evan Dimas sejak menit awal.

Dengan formasi 4-2-3-1, Evan Dimas dipasang di belakang Kushedya Yudo yang diplot sebagai ujung tombak. Sementara Osvaldo Haay dan Adam Alis beroperasi di kedua sayap.

Kadek Agung dan Syahrian Abimanyu bakal bahu-membahu di lini tengah. Adapun Rachmat Irianto dan Andy Setyo menjadi pilihan di jantung pertahanan, setelah Nurhidayat dipulangkan karena kasus indispliner.

Sementara Firza Andika dan Rifad Marasabessy beroperasi di kedua pertahanan sayap. Sedangkan pilihan kiper tampaknya jatuh kepada Adi Satryo, kalau Nadeo Argawinata belum pulih dari cedera.

Sejarah mencatat pertemuan pertama Timnas Indonesia melawan Thailand terjadi di Piala Merdeka 1957. Indonesia kemudian berhasil meraih kemenangan 4-0.

Selanjuntnya Timnas Indonesia sudah teramat sering berjumpa dengan Thailand hingga sebanyak 58 pertandingan.

Namun rekor kemenangan Timnas Indonesia terbilang minor, karena hanya berjumlah 17 pertandingan, 30 kekalahan dan 11 imbang.



Komentar
Banner
Banner