Sport

Jadwal Liga Italia: Pekan Penghakiman AC Milan, Napoli dan Juventus

apahabar.com, JAKARTA – Pekan terakhir Liga Italia, Minggu (23/5) dini hari, menjadi penghakiman untuk AC Milan,…

Featured-Image
Tidak hanya harus membawa Juventus meraih kemenangan di pekan terakhir, Cristiano Ronaldo juga harus berdoa agar AC Milan terpeleset. Foto: Bola

bakabar.com, JAKARTA – Pekan terakhir Liga Italia, Minggu (23/5) dini hari, menjadi penghakiman untuk AC Milan, Napoli dan Juventus dalam upaya meraih tiket lolos ke Liga Champions.

Gelar juara sudah sah menjadi milik Inter Milan sejak dua minggu lalu. Namun perburuan posisi empat besar atau tiket Liga Champions, dipastikan masih berlangsung.

Selain Inter Milan, tiket Liga Champions sudah disegel Atalanta, menyusul kemenangan 4-3 atas Genoa, Sabtu (15/5).

Itu berarti tersisa dua tempat lagi yang diperebutkan berturut-turut AC Milan dan Napoli dengan poin sama 76, serta Juventus 75 poin.

Sejatinya AC Milan sudah mengunci tiket Liga Champions sepekan sebelumnya, seandainya tidak diimbangi tanpa gol oleh Cagliari di Stadion San Siro, Senin (17/5).

Kalau tidak ingin bergantung kepada hasil klub-klub rival, Rossoneri harus memenangi pertandingan di pekan terakhir. Bukan perkara gampang. karena lawan mereka adalah Atalanta di Gewiss Stadium.

Berdasarkan sejarah pertemuan, Milan jelas lebih superior dibandingkan Atalanta. Namun merujuk pertemuan beberapa tahun terakhir, Milan justru tampak inferior.

Dalam 11 pertemuan terakhir, Milan hanya sanggup meraih sekali kemenangan dengan skor 3-1 di akhir 2019. Sedangkan sisanya berakhir dengan 6 imbang dan 4 kekalahan.

Kemungkinan terburuk untuk Milan adalah hanya seri atau kalah dari Atalanta, asalkan Napoli dan Juventus tidak meraih hasil lebih baik.

Sementara Napoli juga tidak perlu tergantung kepada hasil klub lain, kalau mampu mengalahkan Hellas Verona di Stadion San Paolo.

Kemenangan menggaransi tiket Liga Champions, sekalipun AC Milan atau Juventus juga meraih kemenangan.

Sebaliknya Juventus juga mesti berdoa agar AC Milan atau Napoli gagal menang, sembari mengalahkan Bologna di Stadion Renato Dall’Ara.

Andai doa tidak terwujud, Juventus dipaksa mundur ke musim 2009/2010, ketika mereka hanya mampu finis di peringkat ketujuh klasemen akhir Liga Italia.

Juventus boleh seri melawan Bologna, tapi dengan syarat Milan dan Napoli sama-sama mengecap kekalahan. Kalau narasi ini terwujud, ketiga klub sama-sama memiliki 76 poin.

Dengan demikian, dibuat klasemen mini yang hanya menghitung rekor pertemuan antara ketiga klub untuk menentukan posisi di klasemen umum.

Berdasarkan catatan pertemuan, ketiga klub saling mengalahkan dan sama-sama memiliki 6 poin. Namun Juventus berhak menemani Milan, karena unggul selisih gol atas Napoli.

Jadwal Pertandingan

23 Mei
02:45 Cagliari vs Genoa
02:45 Crotone vs Fiorentina
02:45 Sampdoria vs Parma
21:00 Inter Milan vs Udinese
24 Mei
02:45 Atalanta vs AC Milan
02:45 Bologna vs Juventus
02:45 Napoli vs Verona
02:45 Sassuolo vs Lazio
02:45 Spezia vs AS Roma
02:45 Torino vs Benevento
(* Waktu Indonesia Tengah)



Komentar
Banner
Banner