Pemilu 2024

Jadwal dan Tema Debat Ketiga Capres 2024 Bahas Pertahanan hingga Geopolitik

Debat Capres-Cawapres akan memasuki sesi ketiga yang menghadirkan ketiga Capres untuk membedah konsep mereka seputar tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Interna

Featured-Image
Tiga calon presiden yang akan menjalani debat ketiga pada 7 Januari 2023 di Gedung KPU, Jakarta. Foto: Istimewa.

bakabar.com, JAKARTA – Debat Capres-Cawapres akan memasuki sesi ketiga yang menghadirkan ketiga Capres untuk membedah konsep mereka seputar tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat calon presiden (capres) ketiga yang akan digelar Minggu, 7 Januari 2024, tepatnya pukul 19.00 WIB.

Adapun lokasi debat capres dan cawapres 2024 akan berlangsung di Gedung KPU, Jakarta. Debat ketiga Pilpres 2024 ini diikuti oleh tiga kandidat capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Menakar Skema Capres-Cawapres soal Tingginya Tenaga Kerja 'No Skill'

Debat capres tersebut nantinya akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi nasional dengan total durasi 150 menit. sesi debat mencakup enam segmen selama 120 menit.

Sekedar informasi, sebelumnya debat pertama capres mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. Debat itu berlangsung pada 12 Desember 2023.

Selanjutnya, debat kedua untuk cawapres berlangsung 22 Desember 2023, dengan mengambil tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Baca Juga: Rektor ULM Persilahkan Capres-Cawapres Kampanye di Kampus

Debat ketiga untuk capres)akan digelar akhir pekan 7 Januari 2023 bertema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Setelah itu, masih ada dua debat lanjutan yakni pada 21 Januari 2023 yang membahas tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat kelima atau debat terakhir akan menghadirkan para capres pada 4 Februari 2023 yang mendebatkan isu Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Baca Juga: Sanggahan KPU Gibran Pakai Alat Bantu saat Debat Cawapres 

Debat capres dan cawapres Pilpres 2023 ditayangkan di sejumlah stasiun televisi nasional secara bergiliran. Berikut daftar stasiun televisi yang menayangkan debat capres dan cawapres 2024.

Debat Pertama: TVRI dan RRI
Debat Kedua: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV
Debat Ketiga: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV
Debat Keempat: SCTV, Indosiar, dan MetroTV
Debat Kelima: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Editor


Komentar
Banner
Banner