News

Jadi Provinsi Terpadat, Penduduk Pemukiman Padat Kampung Pulo Tinggal Tanpa Atap

Jakarta dengan daya tarik ekonominya terus membawa pendatang dari berbagai daerah. Penambahan penduduk yang terus terjadi membuatnya semakin padat.

Featured-Image
Kondisi Terkini Kampung Pulo, Jakarta Pusat (Foto: apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA - Jumlah penduduk DKI Jakarta yang terus bertambah setiap tahun, menjadikannya sebagai provinsi terpadat di Indonesia.

Tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, DKI Jakarta yang menawarkan peluang kerja yang lebih baik bagi masyarakat selalu membawa pendatang baru ke Jakarta. Mereka banyak berdian di pemukiman padat penduduk.

Peningkatan penduduk yang terus terjadi itu, membutuhkan kerja pemerintah daerah dalam melakukan pembenahan untuk mereka yang bediam di pemukiman padat.

Salah satu pemukiman padat yang ada di Jakarta adalah wilayah Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Baca Juga: Perayaan Pergantian Tahun di DKI Jakarta Hasilkan 74 Ton Sampah

Menurut pantauan bakabar.com, pemukiman Kampung Pulo sangat padat. Kampung yang padat ini berpotensi melahirkan masalah-masalah baru yang bisa saja terjadi mulai dari kebakaran, kehidupan yang tidak layak, dan minimnya tempat bermain anak bagi anak.

"Untuk antisipasi kebakaran, kita sudah mengimbau warga agar  penduduk setiap saat mengecek kembali kelistrikan di rumahnya," ujar Ketua RT Fahrul, di Kampung Pulo, Jakarta, Senin (2/1).

Baca Juga: Warga Jakarta Kecewa Tidak Ada Pesta Kembang Api di Bundaran HI

Kondisi pemukiman padat Kampung Pulo menjadi salah satu potret nyata dari banyaknya wilayah padat penduduk yang tidak tertata engan baik sehingga rentan terhadap permasalahan sanitasi dan lain sebagainya.

Dari pantauan pemukiman padat penduduk di Kampung Pulo terlihat jauh dari kondisi yang layak. Apalagi kondisi rumah warga yang terdampak kebakaran minggu lalu masih memprihatinkan. Mereka masih banyak bertahan dan tinggal di rumah yang tidak memiliki atap.

Dengan kondisi seperti ini, pemerintah DKI diharapkan bisa memberikan solusi dengan berbagai kebijakan yang dimulai dengan melakukan pemetaan terkait pemukiman padat,  sehingga ada langkah realistis  bagi mereka agar mendapat kehidupan yang layak.

Editor


Komentar
Banner
Banner